Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Memahami Strategi Online-to-Offline Alibaba Group

Alibaba Group - Taobao Maker Festival
Taobao Maker Festival

Strategi online to offline mungkin sudah di kalangan para pelaku industri e-commerce. Sang raksasa asal China, Alibaba Group juga melakukan strategi ini untuk anak usahanya, Taobao Marketplace. Alibaba Group pun mengadakan Taobao Maker Festival yang kedua untuk menunjukkan jiwa semangat dari para wirausaha muda di Taobao Marketplace.

Sebanyak 108 merchant yang menjalankan usahanya pada platform online berkumpul pada acara Magical Bazaar yang merepresentasikan keberagaman Taobao Marketplace. Acara ini berlangsung dari tanggal 8-12 Juli di Hangzhou International Expo Center.

“Taobao Maker Festival yang pertama kali diadakan tahun lalu mampu menarik perhatian banyak orang di China. Acara ini menampilkan produk dengan desain yang menarik dan orisinil yang terdapat di generasi muda orang-orang China,” ujar Chris Tung, Chief Marketing Officer of Alibaba Group.

Tahun ini, Chris berharap dapat mempromosikan lebih lanjut jiwa ‘Maker Youngster’ melalui tahun kedua ajang tersebut. Chris menilai semangat ini adalah kunci utama para wirausaha China yang menempatkan nilai orisinalitas dan kualitas pada gaya hidup mereka.

Dibuka sejak tahun 2003, Taobao Marketplace (www.taobao.com) adalah commerce-oriented social platform yang memungkinkan konsumen untuk menikmati pengalaman belanja yang dipersonalisasi dengan menggunakan analisis big data. Melalui konten yang relevan dan real-time update dari para merchant, konsumen dapat langsung mengenal produk dan tren terbaru, juga berinteraksi antarpembeli dan merchant favorit mereka di Taobao Marketplace.

Dan, generasi Millennials adalah konsumen yang mendominasi Taobao Marketplace. Bersama dengan wirausaha muda di sana, mereka menggunakan platform ini untuk bereksperimen dengan ide inovatif mereka. Tren ini pun menunjukkan pertumbuhan yang meningkat. Jumlah peserta Taobao Maker Festival pun meningkat 50% tahun ini dari tahun 2016.

Para wirausaha dan konsumen di Taobao Marketplace menginginkan produk dengan ide yang orisinil dan mempunyai nilai individual dan berkualitas. Taobao Maker Festival merupakan sebuah acara yang menarik bagi para wirausaha dan konsumen ini untuk bertemu dan menampilkan kreativitas mereka.

Selama acara, peserta terpilih diberikan kesempatan untuk mempresentasikan ide dan produk mereka di panggung utama dan juga workshop interaktif dari para peserta terpilih untuk menunjukkan proses produksi mereka. Di acara ini juga, mereka menampilkan pertunjukkan kreatifitas dan subkultur. Framestore, studio kreatif dibalik film blockbuster Guardians of the Galaxy yang memenangkan piala Oscar menjadi partner efek visual.

Selain itu, Tao Café, cashier-less coffee shop merupakan salah satu highlight utama pada acara ini. Alibaba’s (artificial intelligence) Al dan teknologi data memungkinkan konsumen untuk berbelanja di offline store ini tanpa harus mengantri di kasir.

Taobao Maker Festival

Taobao Maker Festival

Bisa dilihat, ajang ini bukan sekadar untuk pamer teknologi atau layanan terbaru dari Alibaba juga Taobao Marketplace. Dengan platform offline ini, Alibaba bisa meningkatkan engagement mereka dengan konsumen. Rasa kepemilikan konsumen akan Taobao Marketplace pun sangat mungkin akan meningkat.

Tentu hal ini akan berdampak baik bagi bisnis Taobao. Tidak dipungkiri, di era digital, masih ada konsumen yang menginginkan pengalaman berbelanja secara offline. Mereka ingin merasakan langsung pengalaman yang berbeda. Dan, Alibaba Group mampu menjawab hal tersebut dengan inovasi mereka yang mensinergikan layanan offline dan online mereka.

Selain itu, Taobao Maker Festival juga membuka diri untuk meningkatkan awareness mereka dengan para peserta Hangzhou International Expo Center yang berpotensi menjadi target konsumen selanjutnya. Akusisi pelanggan pun sangat mungkin bisa dilakukan dengan cara ini. WOW! Sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top