MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Government & Public Services

Lewat Tes IELTS, Kanada Ingin Jaring Pendatang

Photo Credit: The Circle

Kini, Kanada telah menjadi tujuan populer yang menarik peserta tes IELTS (International English Language Testing System) atau tes kemampuan Bahasa Inggris paling popular di dunia. Tes ini digunakan baik untuk bekerja, belajar ataupun tinggal di luar negeri.

Hasil survei mengatakan bahwa Kanada berada di posisi kedua setelah Amerika Serikat untuk mereka yang sedang ingin pindah ke luar negeri. Pada waktu yang sama, pemerintah Kanada meningkatkan target imigrasi mereka sampai tahun 2020 sehingga meningkatkan kesempatan seseorang untuk pindah ke Kanada.

IELTS merupakan tes bahasa Inggris paling populer di dunia, lebih dari tiga juta tes diambil tahun lalu, dan diakui oleh lebih dari 10.000 universitas, sekolah, pemberi kerja serta badan imigrasi. Di Kanada, IELTS menjadi tes bahasa Inggris yang dipilih oleh organisasi pendidikan, asosiasi profesional, dan pemberi kerja di seluruh Kanada.

IELTS diterima dan diakui oleh lebih dari 350 organisasi Kanada dengan tujuan belajar atau bekerja. IELTS menjadi tes bahasa Inggris pertama yang diakui oleh Immigration, Refugees and Citizenship Canada (IRCC) dan Immigration Quebec sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris untuk Express Entry (Skilled Immigrants), Quebec-selected skilled workers dan Provincial Nominee program.  Dengan IELTS General Training, peserta tes yang tertarik untuk pindah ke Kanada dapat melamar melalui Canadian Express Entry System.

Salah satu organisasi yang menyelenggarakan IELTS di Indonesia, yaitu British Council Indonesia Foundation mengatakan telah mengadakan tes IELTS sejak tahun 2015. Tes itu sudah dilakukan di beberapa cabang British Council Indonesia Foundation di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Kemampuan peserta IELTS akan diuji di empat bidang: listening, reading, writing dan speaking. Semua tes akan diberi nilai menggunakan band system dari 1 (paling rendah) sampai 9 (paling tinggi).

IELTS memiliki dua versi tes, Academic dan non-academic. IELTS Academic mengukur kemampuan bahasa Inggris terkait dengan kebutuhan akademis dan lingkungan belajar yang lebih tinggi. Tugas dan teks dapat digunakan oleh seluruh peserta tes, tidak peduli apapun jurusan yang mereka ambil.

Sementara, IELTS General Training mengukur kemampuan bahasa Inggris praktis dan dalam konteks sehari-hari. Tugas dan teks dalam tes ini mencerminkan situasi sosial dan tempat kerja. IELTS General Training cocok untuk tujuan imigrasi ke Australia, Kanada, Selandia Baru serta Britania Raya dan Irlandia.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top