Lifestyle

Lima Cairan yang Harus Diperhatikan untuk Mobil Kamu

Mercedes-Benz

Istilah membeli sebuah barang lebih mudah ketimbang merawatnya cukup lekat dengan kebiasaan masyarakat kita. Ketidakpahaman dan tidak ada waktu biasanya menjadi alasan. Namun, tidak ada salahnya buat kamu yang mencintai koleksi mobilmu agar memerhatikan beberapa hal dalam perawatannya. Berikut lima cairan yang perlu kamu ketahui agar mobil kamu tetap dalam performa maksimal.

1. Oli mesin
Oli mesin adalah cairan yang paliing umum orang ketahui. Oli mesin pun harus dicek secara berkala. Hal ini berguna agar performa mobil kamu tetap terjaga. Di sini, kamu bisa memeriksa ketinggian oli dan pastikan ketinggiannya tetap berada di antara batas maksimum dan minimum.

Segeralah tambahkan oli mesin jika ketinggian berada di bawah garis minimum. Selain itu, warna oli dan lama pemakaian bisa kamu jadikan acuan apakah kamu perlu mengganti oli mobil atau belum. Mudahnya, jika kamu melakukan perawatan mobil di bengkel resmi, kamu akan diberi catatan pada kilometer berapa atau bulan kapan harus mengganti oli mobil kamu. Jadi, jangan sampai telat ya.

2. Air radiator
AirĀ radiator umumnya berfungsi untuk mendinginkan mesin dan menjaga suhu mesin tetap optimal. Untuk mengecek air radiator ini cukup mudah, kamuĀ  hanya perlu mengecek volume air yang ada pada tangka cadangan. Jika pada tangka tersebut air radiator telah berkurang volumenya, maka sebaiknya segera kamu tambahkan. Bila sampai kekurangan tentu akan berakibat fatal, mesin mobil kamu bisa mengalami overheat bahkan mogok.

3. Air aki
Kondisi air aki juga penting untuk kamu perhatikan. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan agar masa pakai atau usia dari aki mobil kamu bisa lebih lama. Setidaknya periksalah air aki 2 minggu sekali agar kondisi air aki tetap terjaga. Cek kondisi air aki, apakah air berada di antara batas maksimum dan minimum atau tidak. Namun, bagi kamu yang mobilnya sudah menggunakan aki kering hal ini tentunya sudah tidak berlaku.

4. Minyak rem
Cairan satu ini juga sangat penting untuk kamu perhatikan karena menyangkut keselamatan kamu dan penumpang lainnya. Untuk minyak rem, kamu cukup mengecek apakah ketinggiannya berada di atas batas maksimum atau tidak. Jika minyak rem didapati sudah berkurang dan indikator pada panel instrument sudah menyala segeralah hubungi bengkel resmi agar bisa dilakukan pengisian ulang.

Jika kondisi minyak rem sudah jauh di bawah batas minimum maka kamu harus lebih berhati-hati, karena bisa saja itu merupakan tanda bahwa rem kamu mengalami kebocoran yang bisa menyebabkan rem blong.

5. Air wiper
Air wiper juga harus selalu tersedia dalam tangkinya. Hal ini karena peran air wiper itu sendiri sangat penting. Air wiper berguna jika kamu ingin membersihkan kaca dari debu-debu yang menempel. Hal ini perlu kamu lakukan agar karet wiper lebih awet.

Sebetulnya masih ada beberapa elemen cairan yang ada di mobil. Bisa dibilang lima cairan di atas merupakan yang paling umum dan butuh perhatian berkala.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top