Lifestyle

Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Suku Cadang

Ilustrasi: test ride motor Suzuki

Merawat motor memang wajib dilakukan. Merawat bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti mencuci motor, melakukan servis rutin, hingga bagian termudah yakni mengisi bensin. Nah, jika berbicara servis rutin, sering kali beberapa komponen yang sudah tidak layak pakai dibuang dan diganti dengan komponen yang baru.

Sebenarnya, untuk satu komponen banyak merek yang tersedia yang bisa kamu pilih sebagai alternatif jika dana tidak mencukupi untuk membeli komponen keluaran pabrikan. Namun ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dan perhatikan sebelum membeli komponen-komponen suku cadang tersebut. Apa saja yang harus diperhatikan? Simak lima tips berikut!

1. Produk dan Kemasan
Hal pertama yang harus kamu perhatikan ialah kemasannya. Jangan membeli sebuah suku cadang jika kemasannya sobek, bolong, rusak atau tidak sempurna. Kemasan produk yang sempurna akan menjamin keaslian dari produk itu sendiri. Untuk menjaga keasliannya, gunakan merek suku cadang yang kamu percaya, semisal merek rekomendasi dari pabrikan motor kamu.

Menggunakan suku cadang dari pihak ketiga sebenarnya juga tak menjadi masalah, namun kamu harus mempertimbangkan ketahanan dari produk tersebut serta keasliannya. 

2. Jaringan Terpercaya
Langkah kedua adalah, beli suku cadang di jaringan yang sudah terpercaya. Gunanya agar kamu sebagai konsumen mendapat suku cadang dengan kualitas yang baik dan tidak abal-abal.

Membeli suku cadang di tempat yang terpercaya juga membuat kamu semakin merasa aman karena tidak akan takut bahwa suku cadang yang kamu beli bermasalah.

3. Barcode
Ketiga, perhatikan barcode pada kemasan produk. Walaupun terkesan kecil. Ternyata barcode juga memiliki fungsi. Pastikan barcode yang ada pada suku cadang yang kamu beli adalah stiker bukan cetakan pada kemasan. Selain itu, perhatikan juga apakah stiker barcode tersebut dalam keadaan baik atau tidak.

Usahakan jangan gunakan suku cadang jika stiker barcode sudah mengalami kerusakan seperti sobek dan tulisan pudar. Pastikan juga saat proses scan barcode sesuai dengan produk suku cadang yang kamu beli.

4. Hologram
Keempat adalah stiker hologram. Banyak produsen suku cadang nakal yang sering meniru dan menjiplak produk asli sehingga muncullah produk tiruan. Nah, produk tiruan inilah yang harus kamu hindarkan. Salah satu cara menghindari produk tiruan ialah dengan memilih produk suku cadang yang memiliki hologram.

Stiker hologram ini berfungsi sebagai tanda keaslian dari produk itu sendiri. Hindari membeli produk suku cadang dengan keadaan stiker hologram yang rusak. Pastikan lapisan hologram tidak terlepas dan logo tercetak dengan jelas.

5. Perbanyak Informasi
Langkah kelima yang harus kamu perhatikan adalah perbanyak informasi sebelum kamu membeli sebuah suku cadang. Kadang jika kamu terlalu awam dengan suku cadang kamu rentan terkena tipu oleh mekanik. Selain itu, langkah ini juga dimaksudkan agar kamu tidak salah membeli suku cadang. Dengan memperbanyak informasi, kamu juga akan sedikit lebih paham sehingga tidak ada celah bagi mekanik nakal untuk ‘mengakali’ kamu.

Itulah kelima tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli suku cadang untuk sepeda motor kesayangan kamu. 

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top