Lifestyle

Lima Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Foto: carfromjapan

Pada mobil, AC memiliki peranan yang terbilang sangat penting untuk menjaga kabin mobil tetap sejuk dan nyaman. Ya, AC mobil bisa dikatakan sebagai salah satu komponen yang menyumbang kenyamanan dalam mobil.

Untuk menjaga agar AC mobil kamu terawat dan tetap dingin, coba beberapa tips berikut.

1. Menjaga kebersihan kabin
Kabin mobil yang kotor akan berpengaruh kepada filter kabin AC. Maka, pastikan kamu menjaga kebersihan kabin mobil kamu agar filter kabin AC bekerja tidak terlalu keras.

2. Jangan merokok
Merokok di dalam kabin mobil sangat tidak dianjurkan. Jika kamu merokok dalam kabin sudah pasti kabin kamu akan menjadi bau dan bau tersebut akan susah hilang. Nah, selain bau, jika kamu merokok dalam mobil hal tersebut juga bisa merusak AC dalam jangka waktu lama.

Mengapa? Saat kamu merokok dalam mobil, asap rokok yang dikeluarkan akan masuk ke dalam AC mobil dan kandungan nikotin pada rokok akan merusak dan mengotori evaporator. Efeknya, evaporator akan berlendir sehingga AC bisa mengeluarkan bau tidak sedap.

3. Jangan nyalakan AC seketika
Sangat tidak disarankan untuk kamu menyalakan AC mobil kamu saat mobil baru pertama kali dinyalakan. Saat kondisi seperti itu keadaan mesin belum stabil, maka dari itu sebaiknya kamu menunggu sebentar sampai keadaan mesin stabil. Jika mesin dirasa sudah cukup stabil maka kamu bisa menyalakan AC mobil kamu.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidak menyalakan AC mobil ketika kaca mobil kamu terbuka. Ketika kamu menyalakan AC tapi kondisi kaca atau jendela mobil terbuka, itu akan merusak komponen AC. Mengapa? Karena debu dari luar mobil bisa masuk kedalam AC dan juga bisa mengotori AC mobil kamu. Jika sudah terjadi demikian, maka kinerja mesin AC untuk mendinginkan kabin menjadi kurang maksimal dan bisa menimbulkan bau tidak sedap.

4. Parkir di tempat teduh
Sebagai pemilik mobil kamu sangat disarankan untuk memarkir mobil kamu di tempat teduh alias tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung akan membuat temperature kabin kamu menjadi tinggi. Dengan demikian ketika kamu menyalakan AC, kinerja AC akan lebih berat.

Tapi jika kamu terpaksa dan tidak ada tempat parkir lagi, kamu bisa menggunakan alat penolak panas yang biasa ditempelkan di kaca depan mobil. Dengan ini kabin mobil kamu akan lebih sejuk.

5. Bersihkan kondensor
Saat kamu mencuci mobil kesayangan, alangkah baiknya jika kamu juga turut mencuci bagian kondensor AC. Jika kamu belum tahu letaknya, biasanya kondensor terletak di depan radiator.

Nah, untuk membersihkannya kamu cukup menyemprotkan air ke kondensor mobil kamu. Membersihkan kondensor akan menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Kalau debu dan kotoran ini kamu biarkan dan tidak dibersihkan dalam waktu lama maka akan menyebabkan kebocoran dan korosi pada kondensor.

Itulah kelima tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesejukan AC mobil kamu. Intinya, kamu dituntut untuk selalu menjaga kebersihan kabin mobil dan tidak boleh sembarangan dalam menggunakan AC jika tidak ingin ada kerusakan yang lebih parah.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top