Lifestyle & Entertainment

Dampak Piala Dunia Bagi Perkembangan Bisnis Traveloka

Sebagai salah satu sponsor resmi Piala Dunia 2018, Traveloka melakukan beragam aktivasi untuk menyemarakkan pesta bola empat tahunan ini. Salah satu aktivasinya adalah melalui gelaran nonton bareng pertandingan Piala Dunia bersama lebih dari 1.400 mitra hotel Traveloka, di lebih dari 100 kota di Indonesia.

Bagi Traveloka, momentum Piala Dunia 2018 juga berdampak pada meningkatnya permintaan tiket pesawat ke Rusia dan hotel di Rusia. Data internal Traveloka mencatat adanya kenaikan yang cukup signifikan hingga hampir 100% untuk tiket pesawat dan 46% untuk pemesanan hotel dengan tujuan Rusia.

Antusiasme Piala Dunia juga terlihat dari jumlah pengguna Traveloka yang ingin memperoleh merchandise resmi Piala Dunia. Lebih dari 2.500 pengguna Traveloka telah menukarkan poinnya untuk mendapatkan merchandise resmi seperti. Untuk program Pesta Poin, tercatat bahwa ada 3.784 pengguna dalam kurun waktu 1,5 bulan dengan enam orang pemenang beruntung yang berkesempatan menyaksikan secara langsung pertandingan Piala Dunia di Rusia.

“Sebagai Sponsor Media dan Penyiaran FMA untuk Piala Dunia di Indonesia, Traveloka merasa sangat bangga bisa mewakili Indonesia sebagai perusahaan teknologi yang dapat menghadirkan berbagai program menarik serta konten eksklusif Piala Dunia 2018 di aplikasi Traveloka. Salah satunya melalui program Layar Bola Traveloka, di mana kami memfasilitasi mitra-mitra hotel kami agar dapat memeriahkan momen Piala Dunia. Partisipasi Traveloka dalam memeriahkan ajang olahraga terbesar di dunia ini merupakan komitmen kami untuk menciptakan momen kebersamaan dengan orang terdekat,” ujar Sufintri Rahayu, Public Relations Director Traveloka.

Ini bukan pertama kalinya Traveloka mendukung kegiatan olahraga melalui sport marketing. Sejak tahun 2017 lalu, Traveloka telah mendukung event sepak bola nasional dengan menjadi salah satu sponsor utama di Go-jek Traveloka Liga 1. Hal ini sejalan dengan sejarah perkembangan Traveloka, perusahaan Indonesia yang telah berekspansi ke lima negara lainnya di Asia Tenggara.

Data Nielsen Sport (2017) menunjukkan bahwa Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan yang memiliki antusiasme tinggi terhadap sepak bola. Mengikuti Indonesia, Thailand dan Malaysia juga terdaftar sebagai negara yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap sepak bola.

Bagi mitra hotel, aktivasi yang dilakukan oleh Traveloka menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu hotel. Diucapkan oleh Fajar Sukarno, Acting General Manager Sari Pacific Jakarta, program ini diharapkan menjadi daya tarik lebih dan pengalaman berbeda untuk ditawarkan kepada para tamu hotel kami.

“Memasuki bulan Juni khususnya ketika gelaran Piala Dunia 2018, kami melihat adanya peningkatan jumlah tamu hotel yang antusias berpartisipasi pada acara Nonton Bareng Layar Bola Traveloka,” tutup Fajar.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top