Consumer Goods

Marcks’, Produk Heritage yang Kekinian

Sumber: Marcks'

Pemasaran online boleh dibilang menjadi primadona saat ini. Produk apa saja saat ini bisa dicari dan  dibeli via internet. Tak mau menyia-nyiakan peluang, merek bedak kecantikan Marcks’ ikut hadir di kanal online tersebut.

Marcks’ adalah produk legendaris yang sudah berumur setengah abad lalu. Produk ini merupakan produk warisan perusahaan Belanda, NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. sebelum diambil alih Indonesia melalui PT Kimia Farma (Persero) Tbk.

Meski terbilang produk tua dari sisi usia, Marcks’ terus merejuvenasi diri agar tampil kekinian dan relevan dengan kehidupan milenial. Berbagai inovasi digelar agar Marcks’ tampil muda. Inovasi tampil gamblang dalam komunikasi pemasarannya. Penggemar make up biasanya banyak mendapatkan inspirasi dari video-video yang mereka saksikan di YouTube dari para influencer atau beauty vlogger. Sebab itu, Marcks’ hadir di kanal-kanal para pencari inspirasi kecantikan tersebut.

Marcks’ aktif melakukan promosi melalui media sosial. Selain itu, Marcks’ juga menggandeng influencer untuk menjadi brand ambassador. Marcks’ juga memiliki official store di e-commerce untuk mempermudah konsumen menemukan dan membeli produk langsung dari gawai mereka.

Menurut Brand Manager Marcks’ Cosmetic Ratih Tryani, tanpa meminta endorsement kepada banyak orang, Marcks’ mendapatkan banyak ulasan produk, khususnya dari para penggemar make up. Ini terbukti ketika orang memasukkan kata kunci “Marcks” di YouTube, maka banyak ulasan bermunculan.

“Konsumen mendapatkan rekomendasi dari orang-orang yang bahkan tidak kami endorse. Tanpa kami minta, mereka dengan suka rela mengulas produk kami. Influencer-influencer mikro ini ikut ambil bagian bagi promosi produk kami,” ujar Ratih.

Marcks’ banyak dikenal dengan produk unggulan mereka yang memiliki kemasan berwarna kuning. Logo produk tersebut pun sangat khas, perempuan berambut pendek yang tengah tersenyum.

Inovasi juga tampak pada kehadiran sejumlah produk barunya. Jika sebelumnya masyarakat sudah akrab dengan Marcks’ Classic yang banyak digunakan untuk make up base, Marcks’ kemudian merilis Marcks’s Active. Dengan kegunaan yang sama dengan Marcks’ Classic, produk baru ini hadir dengan kemasan lebih ringkas dan praktis.

Tren kosmetik yang kini semakin banyak digandrungi para remaja juga dipahami betul oleh Marcks’. Mereka kemudian meluncurkan produk khusus untuk remaja dengan nama “Marcks’ Teens”. Untuk produk khusus remaja, Marcks’ tampaknya memberi perhatian istimewa dengan beragam produk seperti moisturizer, compact powder, dan micellar water.

Hadirnya Marcks’ di kanal e-commerce lebih didorong oleh kebiasaan masyarakat modern yang doyan berbelanja online. Mereka kini ingin mendapatkan produk pilihan mereka dengan cepat tanpa harus susah payah pergi ke outlet fisik. Biasanya, yang berbelanja online adalah pelanggan setia yang sudah percaya pada produk Marcks’. Sementara, yang datang ke outlet biasanya didorong oleh keinginan untuk menjajal produk secara langsung. Ratih bilang, Marcks’ berkomitmen melayani kedua kanal itu sebaik-baiknya.

Promosi juga dilakukan melalui aneka aktivasi offline, entah event maupun pameran. Selain itu, Marcks’ aktif menjemput bola dengan menggelar roadshow ke kota-kota besar selain Jakarta.

“Pelanggan tidak akan kesulitan menemukan produk kami secara offline. Produk kami hadir di Apotek Kimia Farma, supermarket, sampai mini market. Di online, selain berjualan, kami juga gencar mempromosikan produk, termasuk tempat-tempat di mana produk kami bisa ditemukan. Kami hadir untuk mereka di kanal mana pun,” pungkas Ratih.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top