Technology

Mark Zuckerberg Berkomitmen Fokus pada Privasi Pengguna

(Photo by Chip Somodevilla/Getty Images)

Setelah berencana mengintegrasikan tiga media sosialnya, yakni Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp, CEO Facebook Mark Zuckerberg berniat akan mengubah sistem enkripsi dari Facebook. Ia melihat media sosial yang selama ini menjadi ruang komunikasi dengan dunia, menyimpan tantangan serius terkait privasi.

Zuckerberg pun berencana akan mengalihkan pengguna media sosial ke percakapan pribadi dan menjauh dari ruang penyiaran publik. Sederhananya, Zuckerberg akan fokus pada komunikasi pribadi dan terenskripsi.

“Kami membangun fondasi untuk komunikasi sosial yang selaras dengan arah yang semakin diperhatikan orang yang saling berkirim pesan secara pribadi,” ungkap Zuckerberg dikutip dari nytimes.com

Nantinya, pengguna media sosial khususnya Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger bakal mengirim pesan kepada sebagian besar kelommpok orang yang mereka kenal. Dalam jangka waktu tertentu komunikasi ini dapat dihapus sehingga lebih menjaga privasi di kedua belah pihak. Meski begitu, model ini tentu akan berpotensi melukai bisnis model Facebook selama ini, yakni iklan tertarget.

“Kami percaya, kanal komunikasi yang mengedepankan privasi akan lebih penting ketimbang platform terbuka seperti sekarang ini,” imbuh Zuckerberg.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top