MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Finance

Mark Zuckerberg Salip Warren Buffet Sebagai Orang Terkaya di Dunia

Pendiri Facebook Inc. Mark Zuckerberg | Photo Credit: Getty Images

Pendiri Facebook, Inc. Mark Zuckerberg telah menggungguli konglomerat Warren Buffett sebagai orang terkaya ketiga di dunia. Pencapaian ini semakin menjadikan dunia teknologi sebagai bisnis pencipta kekayaan paling kuat.

Zuckerberg yang hanya membuntuti pendiri Amazon.com Inc. Jeff Bezos dan co-founder Microsoft Corp Bill Gates, melampaui Buffett karena saham Facebook naik 2,4%, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Ini untuk pertama kalinya ketiga orang terkaya secara berturut-turut berasal dari dunia teknologi. Kekayaan Zuckerberg saat ini senilai US$ 81.6 miliar, atau sekitar US$ 373 juta lebih besar dari Buffett, CEO Berkshire Hathaway Inc.

Pendakian Zuckerberg telah didorong oleh kehadiran investor yang secara terus-menerus mebeli saham Facebook. Raksasa jejaring sosial ini sempat tersandung kasus kebocoran data yang membuat sahamnya tersungkur ke level terendah yaitu US$ 152,22 pada 27 Maret. Pada Jumat (6/7/2018), saham Facebook ditutup pada rekor US$ 203,23.

Berdasarkan indeks Bloomberg ini, kekayaan dari sektor teknologi mencapai seperlima dari total seluruh kekayaan dalam daftar yang menembus US$ 5 triliun. Peringkat yang melacak 500 orang terkaya di dunia ini selalu diperbarui setelah penutupan perdagangan saham di New York setiap harinya.

Buffett, yang pernah menjadi orang terkaya di dunia, tergelincir dalam peringkat tiga besar akibat pemberian amal yang ia lakukan pada tahun 2006. Dia menyumbang sekitar 290 juta saham Berkshire Hathaway Kelas B kepada badan amal, sebagian besar untuk fondasi Gates.

Saham tersebut sekarang bernilai lebih dari US$ 50 miliar, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Zuckerberg pun sebenarnya telah berjanji untuk memberikan 99% saham Facebook miliknya di masa hidupnya.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top