Lifestyle & Entertainment

Marketing 3.0 di Balik Seni Secangkir Kopi Starbucks

Photo Credits: Starbucks Indonesia

Memiliki nama besar di berbagai belahan dunia bukan berarti memenangkan kompetisi di bisnis perkopian Indonesia menjadi hal mudah bagi Starbucks. Berbagai pendekatan pemasaran dilakukan, antara lain dengan upaya membawa pengalaman lebih bagi pelanggan dalam secangkir kopi.

Mengusung tema kampanye Art in a Cup, Starbucks menawarkan pelanggan mereka sensasi baru dalam menikmati minuman dengan campuran Starbucks signature espresso roast. Lebih dari itu, kampanye Art in a Cup terlihat menerapkan konsep Marketing 3.0 dalam memasarkan deretan menu seasonal ini.

Starbucks Art in a Cup menghadirkan sejumlah varian menu, meliputi Cascara Macchiato, Matcha Azuki Blossom Crème Frappuccino, dan Iced Caramel Macchiato.

Dalam kampanye ini, para pelanggan Starbucks diajak untuk berpartisipasi melestarikan perkopian Indonesia. Pasalnya, setiap penjualan 10 minuman ini akan didonasikan kepada para petani lokal Bali melalui Starbucks Farmers Support Center.

“Alasan di balik Art in a Cup adalah kami selalu ingin menghadirkan produk berkualitas. The art of coffee bukan hanya hasil akhir dari kopi tersebut melainkan seluruh proses hingga kopi tersebut tersaji di dalam secangkir gelas,” ungkap Chief Marketing Officer Starbucks Indonesia Liryawati kepada Marketeers di Jakarta, Selasa (05/03/2019).

Melalui pendekatan Marketing 3.0 yang berbasiskan nilai-nilai human spirit, Starbucks mencoba membangkitkan spirit kepedulian ini kepada konsumen mereka. “Kami targetkan, Art in a Cup tahun ini bisa mengundang lebih banyak partisipasi dibandingkan tahun lalu dengan sumbangan mencapai 330 ribu benih kopi kepada lebih dari 350 keluarga petani telah menerima manfaatnya,” ungkap Liryawati.

“Secara umum, permasalahan petani saat ini adalah bibit unggul yang bermutu. Ada harapan besar melalui cara ini para petani bisa meningkatkan jumlah produksi mereka dan mengembangkan kopi Arabica di Indonesia dengan lebih baik lagi,” tutur Surip Mawardi, General Manager Starbucks Farmers Support Center (FSC).

Marketing 3.0 sendiri merupakan konsep marketing yang berbasiskan pada kepedulian terhadap People, Planet, dan Profit. Pakar Pemasaran Philip Kotler menilai, konsep Marketing 3.0 menjadi penting untuk diperhatikan para pemasar saat ini. Terlebih, generasi Milenial dan Z cenderung ingin memberikan dampak lebih bagi lingkungan mereka.

Kampanye Art in a Cup Starbucks akan berlangsung selama 5 Maret – 6 Mei 2019.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top