Lifestyle

Mau Sarapan Enak di Balikpapan? Coba Empat Rumah Makan Ini!

Sumber foto: helenysm.com

Terletak berhadapan langsung dengan Selat Makassar, kota Balikpapan merupakan sebuah kota industri minyak dan gas yang tersohor sejak puluhan tahun lalu. Jika kamu sedang menginap di kota ini, wisata kuliner bisa kamu lakukan sejak pagi hari lho. Tak ada salahnya sesekali melewatkan sarapan di tempat penginapan untuk bertualang rasa mencari sarapan enak di Balikpapan. Kapan lagi bisa sarapan ala penduduk setempat kalau bukan sekarang? Yuk, coba empat rumah makan rekomendasi Airy berikut ini.

Nasi Kuning Haji Daud

Nasi kuning adalah sarapan wajib warga lokal, seperti lazimnya di kota-kota lain di Kalimantan Timur. Mirip dengan nasi kuning Banjar, beras dimasak bersama kunyit, santan dan daun salam, sehingga nasi terasa gurih. Pilihan lauk berupa daging, ayam, telur, atau ikan haruan yang dimasak bumbu merah (bumbu habang).

Taburannya serundeng, abon, kering tempe, dan daun bawang, serta mie goreng. Di Balikpapan, nasi kuning paling terkenal adalah Nasi Kuning Haji Daud, yang berada di samping Kantor Pos Kebun Sayur.

Depot Miki

Menghidangkan beragam sarapan khas Balikpapan, Depot Miki selalu dipadati pengunjung setiap pagi. Terletak di Jl. Jenderal Sudirman, seberang Balikpapan Plaza, kamu bisa menyantap aneka sarapan ‘berat’, seperti coto makassar, soto banjar, lontong sayur, bubur ayam, dan nasi kuning. Selain itu, tersedia pula kudapan berupa kue basah dan bakpau lezat dengan beragam isian yang enak disantap hangat-hangat.

Kedai Kopi Mantau

Masih berada di ruas jalan yang sama, Kedai Kopi Mantau menyajikan beragam pilihan sarapan enak. Mulai dari mantau (goreng maupun kukus), dimsum, nasi ayam hainan, nasi tim, hingga bubur ikan. Aneka jajan pasar juga tersedia, tinggal pilih mana yang paling disukai. Karena cukup populer, kedai ini sangat ramai selama jam sarapan, terutama saat weekend.

Depot Nam Min

Sering dikenal juga sebagai Kedai Kopi Nam Min, menu khas kedai kopi tersaji di sini setiap pagi. Roti panggang dengan aneka selai bisa kamu nikmati sebagai teman minum kopi. Terletak di Pasar Pandan Sari, depot ini sudah buka sejak tahun 1985 lho.

Membayangkan empat rumah makan itu saja sudah membuat perut lapar, apalagi jika kamu terbang langsung ke kota ini. Pasti ingin mencicipi satu per satu setiap makanan yang disajikan di rumah makan tersebut. Mumpung sedang di Balikpapan, semua makanan khas wajib dicoba.

Nah, supaya acara pelesiran nanti berjalan lancar, kamu bisa coba meluncur ke situs Airy. Siapa tahu kamu berhasil menemukan tiket penerbangan murah Sriwijaya Air yang pas dengan jadwal liburan berikutnya.

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top