Technology

Meeber Tawarkan Otomasi Bisnis Restoran Berbasis Aplikasi Digital

Ilustrasi: HA-KA Semarang HAngry Restaurant

PT Meeber Teknologi Indonesia (Meeber) memperkenalkan MeeberLite dan Meeberian, layanan aplikasi  mobile yang menawarkan inovasi konsep restoran digital pertama di Indonesia yang menyediakan layanan Business Automation dan Customer Engagement bagi pelaku bisnis makanan dan minuman (foods&beverages/ F&B). Meeber juga melengkapi aplikasinya dengan layanan aplikasi kasir online MeeberPOS yang terintegrasi sehingga pelaku bisnis dapat memaksimalkan bisnis F&B mereka.

“Meeber memahami bahwa bukan hal yang mudah bagi pelaku bisnis F&B untuk menjalankan bisnisnya. Dengan business automation, kami percaya dapat memudahkan pelaku bisnis F&B dalam menjaga standar pelayanan yang cepat dan akurat serta tanggap. Selain itu, kami juga menyediakan sistem kontrol feedback yang dapat digunakan untuk menjadi tolak ukur kepuasan pelanggan,” jelas Chief Executive Officer PT Meeber Teknologi Indonesia Rudy Hartawan, pada Soft Launching Aplikasi MeeberLite dan Meeberian dalam siaran resminya.

Sementara untuk fitur customer engagement, platform ini memberikan wawasan yang tepat mengenai pelanggan. Sehingga, memudahkan penentuan strategi pemasaran yang tepat sampai dengan sosialisasi yang tepat sasaran melalui point reward dan push promotion.

Rudy mengatakan bahwa aplikasi MeeberLite dan Meeberian yang dihadirkan ini merupakan pengembangan dari MeeberPOS, layanan Point of Sales (POS) bagi para pelaku bisnis F&B yang diluncurkan lebih dulu pada 2015. Pengembangan ini merupakan jawaban untuk menghadapi tantangan bisnis F&B ke depannya, yang menuntut digitalisasi operasional. MeeberLite dan Meeberian saat ini fokus pada layanan dine-in, mengingat 85% transaksi F&B berasal dari layanan tersebut.

Bagi mereka yang sudah mencapai skala bisnis menengah dan menengah atas memerlukan standardisasi dan otomatisasi dalam pengelolaannya. Di zaman modern ini, kedua hal tersebut hanya dapat dicapai melalui digitalisasi restoran yang mampu memenuhi kebutuhan pelaku bisnis maupun konsumen,” jelas Rudy.

Untuk itulah, Meeber menciptakan terobosan berupa digitalisasi restoran yang memberi nilai tambah bagi pelaku bisnis maupun pelanggan. Chief Marketing Officer PT Meeber Teknologi Indonesia Indra Sitorus menjelaskan bahwa digitalisasi bisnis F&B tidak akan terealisasi tanpa adanya platform untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari sisi merchant maupun pelanggan. Untuk menjawab kebutuhan yang beragam tersebut, Meeber menghadirkan aplikasi MeeberLite dan Meeberian secara terpisah untuk memberikan nilai tambah pada layanan order, payment, support system dan customer engagement.

Melalui aplikasi MeeberLite, setiap merchant dimudahkan dalam memberikan pelayanan di restoran mulai dari layanan penerimaan pesanan pelanggan dan pembayaran secara digital, mempromosikan program diskon atau promosi untuk pelanggan yang dapat diatur sendiri, menyediakan sistem support yang canggih sampai dengan analisis wawasan pelanggan dan sistem kontrol feedback. Di sisi lain, Meeberian memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan untuk memesan makanan dan minuman, melakukan pembayaran, memberikan ulasan, hingga mendapatkan informasi promosi secara langsung dalam satu aplikasi.

MeeberLite dan Meeberian saling terkoneksi dengan beragam fitur, antara lain layanan profil pelaku bisnis yang akan memudahkan pelanggan untuk mencari rekomendasi restaurant terdekat, E-Menu dan Smart Order with QR-code yang terkoneksi dengan restoran yang dituju sehingga pelanggan dapat memilih menu yang dinginkan dengan nyaman dan cepat.

Selain itu, terdapat juga fitur Waiter Calling, Bill Asking, notifikasi Order Ready To Pick Up untuk model restoran quick service. Lalu, fitur Cashless Transaction dengan layanan E-wallet dan fitur Feedback yang mendukung pemilik restoran meningkatkan nilai kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Keunggulan MeeberLite, lanjut Indra, bagi pengusaha restoran dapat memaksimalkan bisnis mereka berdasarkan customer insights yang kuat, relevan dan tepat sasaran. Dengan demikian, pengusaha restoran akan menentukan strategi pemasaran yang tepat dan terukur sehingga mampu meningkatkan keuntungan bisnis.

Di sisi pelanggan, Meeberian juga berfungsi sebagai pengganti kartu anggota yang berguna untuk melihat history claim dan redeem dari akumulasi poin yang didapat dari setiap transaksi di restoran melalui teknologi scan QR Code sehinggga pelanggan tidak perlu membawa kartu dalam bentuk fisik.

“Untuk mendukung pelaku bisnis F&B menerapkan digitalisasi restoran, aplikasi MeeberLite dapat digunakan secara gratis. Sebaliknya di sisi pelanggan, aplikasi Meeberian tidak hanya dapat digunakan secara gratis tapi juga dilengkapi dengan berbagai keunggulan bagi para penggunanya,“ tutup Indra.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top