Lifestyle

Melancong ke India, Nikmati Pengalaman Pariwisata Keberlanjutan

Photo Credits: gqindia.com

Sustainabilitas tengah menjadi isu yang hangat diperbincangkan dalam berbagai sektor, tak terkecuali pariwisata. Organisasi Pariwisata Dunia mendefinisikan, pariwisata keberlanjutan adalah pariwisata yang memperhitungkan dampak menyeluruh bagi ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk saat ini maupun di masa depan. Tak sebatas itu, pariwisata keberlanjutan juga menaruh concern pada penanganan kebutuhan pengunjung, industri, lingkungan, dan masyarakat sosial.

Melangkah ke India, Anda akan menemui empat retret kesehatan yang menerapkan pariwisata berkelanjutan secara menyeluruh. Bernaung di bawah CGH Earth Group, ke-empat retret tersebut (SwaSwara, Prakriti Shakti, Kalari Kovilakom, dan Kalari Rasayana) memiiki komitmen tinggi terhadap lingkungan dan komunitas lokal. Seperti apa?

Melestarikan Warisan dan Nilai Historis

Terletak di tanah kerajaan Vengunad tua di Distrik Palghat, Kerala Utara, CGH Earth Wellness membangun Kalari Kovilakom yang sebelumnya merupakan istana berusia 200 tahun.

Bangunan ini dipugar oleh CGH Earth Wellness untuk melestarikan warisan dan nilai historis yang ada. Tempat ini dijadikan sebagai pusat penyembuhan tradisional Ayurvedic.

Ada pula SwaSwara, sebuah retret kesehatan yang mempertahankan tradisi dan ekonomi lokal. Setiap tahun, warga sekitar memasang atap daun kelapa dengan menggunakan teknik tradisional.

Pengolahan Air Hujan untuk Konsumsi Hingga Peniadaan Plastik

Konservasi lingkungan menjadi inisiatif yang diterapkan CGH Earth Wellness. Ke-empat retret kesehatan CGH Earth Wellness mengelola penggunan air melalui sistem daur ulang.

Air hujan diproses secara higienis agar dapat dikonsumsi. Sementara, air limbah dari kamar mandi, dapur, dan ruang perawatan diolah untuk menyirami tanah. Sedangkan, sampah dapur diolah menjadi pupuk tanaman.

Penggunaan bahan plastik pun sedapat mungkin dihindari. Shampoo dan sabun disediakan dalam botol keramik kecil yang dapat diisi ulang untuk menghindari penggunaan plastic sekali pakai. Sementara, air hujan yang telah diproses dikelas dalam botol kaca daur ulang.

Produk Organik dari Petani Lokal

CGH Earth Wellness menanam berbagai tumbuhan organik yang ditanam langsung oleh para petani lokal. Mulai dati buah-buahan hinga sayur mayur ditanam di sekitar lokasi SwaSwara, Prakkriti Shakti, Kalari Rasayana, dan Kalari Kavilakom. Para tamu pun dapat memperoleh berbagai produk organik bebas pestisida nan segar yang ditanam menggunakan metode pertanian tradisional. Di satu sisi, para tamu telah berkontribusi mendukung ekonomi lokal.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top