Grapeshot Leaderboard
Media

Memahami Kebiasaan Belanja Pemudik Lebaran

source: 123rf

Mudik menjadi fenomena tahunan di Indonesia yang sudah menjadi budaya. Bagaimanakah para pemasar bisa secara efektif menggapai mereka pada era serba terkoneksi seperti sekarang ini? InMobi, platform iklan seluler, dengan jaringannya memberikan jawaban tersebut di bawah ini.

Apa yang menarik minat pemudik selama Ramadan? Di antara puasa dan perayaan, pemudik Lebaran tertarik dengan perencanaan, berpergian, berkumpul bersama-sama dan resolusi baru.

Terkait dengan belanja Ramadan, para pemudik tersebut dimasukkan dalam tiga kategori, yaitu pembelanja awal, pembelanja musiman, dan pembelanja bonus. Biasanya, pembelanja awal melakukan pembelian untuk produk perawatan rambut dan perawatan diri. Sementara, pembelanja musiman cenderung belanja deodoran dan produk perawatan rumah tangga. Dan, pembelanja bonus tertarik dengan produk F&B, produk perawatan diri serta perawatan kulit.

Pemudik Lebaran akan berbelanja di toko favoritnya mulai pukul dua siang hingga pukul sepuluh malam. Dengan titik puncak kenaikkan sebanyak 1,2x lipat di pukul empat siang dan 2,4x lipat di pukul delapan malam sampai pukul 9.30 malam.

Untuk penggunaan ponsel, kapan danĀ  bagaimanakah para pemudik Lebaran ini menggunakannya selama Ramadan? Mereka akan melakukan pembelanjaan secara online pada dini hari sebelum beribadah, siang hari, dan waktu menjelang tidur di malam hari. Pada pagi hari, pukul empat sampai lima dini hari merupakan puncaknya mereka menjelajah internet. Pada pukul 11 sampai dua siang adalah puncaknya pembelian tahap satu. Sedangkan pukul sepuluh malam hingga 12 siang aadalah puncak pembelian tahap dua.

Bagaimana dengan Anda?

MARKETEERS X

Most Popular








To Top