Wisata Danau Toba

Wisata Danau Toba
Finance

Membaca Tanda-tanda Produk Asuransi Mobil yang Buruk

Ilustrasi: 123rf

Jika berbicara mengenai asuransi mobil, tentunya banyak orang yang menggunakan jasa perusahaan asuransi agar kendaraan mereka terbebas dari kerugian keuangan akibat kecelakaan yang tidak terduga datangnya. Karena pada dasarnya memiliki asuransi mobil bertujuan untuk mengurangi kemungkinan kerugian yang tidak terduga tersebut. Dengan semakin banyaknya website asuransi mobil online tentu keberadaaan produk ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Namun, apa jadinya jika polis asuransi mobil Anda mulai menunjukkan tanda-tanda yang menyebabkan Anda tidak nyaman lagi sebagai nasabah? Mungkin Anda baru saja membeli kendaraan pribadi dengan budget terbatas, bukan karena Anda sudah hidup berkelimpahan, namun dikarenakan tuntutan bisnis dan mobilitas tinggi, sehingga Anda juga mengasuransikannya dengan tergesa-gesa waktu itu. Hal seperti ini memang umum terjadi.

Tapi jika ternyata Anda sudah mempunyai asuransi dan asuransi tersebut menurut Anda kurang bisa memberikan jaminan proteksi terbaik bagi kendaraan Anda, mungkin Anda akan mempertimbangkan untuk berganti asuransi.

Anda Sebaiknya Mengganti Asuransi Mobil Anda Jika…

Dulu, nasabah mengganti asuransi mobil karena pertimbangan biaya premi, sedangkan kini penyesuaian tarif telah diberlakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga akan ada penyebab lain yang mendasari keputusan besar Anda. Sebelum memutuskan untuk berganti asuransi, alangkah baiknya jika Anda melakukan perbandingan terlebih dahulu guna memilih dan memilah yang terbaik. Sebagai acuan dan untuk dijadikan bahan pertimbangan agar Anda benar-benar yakin bahwa mengganti asuransi mobil memang diperlukan, berikut adalah tanda-tanda sudah waktunya bagi Anda untuk beralih ke asuransi mobil yang lebih baik dari yang Anda punya sekarang.

Kurangnya Perlindungan yang Ditawarkan

Cermati pertanyaan berikut, apakah Anda merasa tidak mendapat proteksi yang menurut Anda penting dan yang menurut Anda tidak serinci yang Anda pikirkan? Bila memang demikian yang menjadi uneg-uneg Anda terhadap penyedia layanan asuransi mobil Anda saat ini, tak ada salahnya untuk sesegera mungkin lakukan pindah layanan asuransi. Apalagi jika Anda sudah melakukan penelitian dan mendapatkan perusahaan asuransi lain yang ternyata lebih andal dan sesuai keinginan Anda, dengan produk yang lebih menguntungkan dan premi yang relatif ekonomis.

Pengalaman Buruk dengan Klaim atau Proses Klaim Kendaraan Sulit

Proses klaim yang berbelit-belit dengan birokrasi dan prosedur yang lambat serta bikin ribet tentunya bukanlah sesuatu yang kita harapkan sebagai nasabah. Atau mungkin lebih buruk lagi, penyedia asuransi Anda malah lepas tanggung jawab sehingga dibutuhkan tenaga ekstra dalam melakukan klaim. Jika demikian yang menimpa Anda, tak perlu ragu untuk berpindah ke lain hati. Lakukan survei sebagai perbandingan dan referensi tambahan, lalu segerakanlah secepatnya berpindah ke layanan asuransi lainnya dengan tawaran yang sudah terbukti lebih baik dari setiap segi. Pilh asuransi mobil dengan fasilitas klaim yang sudah terbukti cepat dari perusahaan asuransi terpercaya seperti asuransi Jasindo, Sinarmas, atau Garda Oto.

Layanan Pelanggan yang Sulit Dihubungi

Ambil contoh kasus, Mr X sudah sangat berhati-hati mengemudikan mobilnya, namun nahas kendaraan lainlah yang menyerempet sehingga tak pelak kecelakaan pun tak dapat lagi dihindari. Dalam keadaan seperti itu, Mr X masih harus dihadapkan dengan kesulitan menghubungi layanan pelanggan penyedia asuransi yang dimilikinya, baik melalui telepon maupun e-mail. Padahal, ia termasuk pelanggan setia selama beberapa tahun namun tidak dilayani dengan profesional.

Layanan pelanggan yang kurang maksimal ini memang kerap menjadi persoalan utama. Jika sudah begitu, banyak pelanggan asuransi tertentu yang meninggalkan asuransi terkait dan beralih ke penyedia asuransi lainnya yang lebih baik. Mintalah saran dan referensi kepada kerabat, kolega, rekan atau narasumber lain yang  Anda percayai yang memiliki pengalaman lebih baik terhadap penyedia layanan asuransi mobil tertentu.

Pilihan Bengkel Rekanan yang Minim

Sejatinya, asuransi kendaraan merupakan penyedia layanan untuk melindungi kendaraan kita. Oleh karenanya, jika perusahaan asuransi kesehatan bermitra dengan rumah sakit tertentu, maka sama halnya dengan perusahaan asuransi mobil. Setiap perusahaan asuransi mobil selalu bekerja sama dengan bengkel tertentu yang disebut bengkel rekanan. Pilihan bengkel yang variatif dan lokasinya yang strategis serta mudah dijangkau sangat dibutuhkan nasabah, mengingat saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, para nasabah yang bersangkutan bisa langsung mengurus klaim dan mendapatkan servis.

Namun faktanya, tak semua bengkel rekanan bisa memberikan yang terbaik terhadap hal itu. Jika pelayanan dari bengkel rekanan penyedia asuransi yang Anda gunakan saat ini memberikan servis yang kurang memuaskan, maka hal tersebut adalah alasan yang kuat untuk Anda mengganti penyedia layanan asuransi kendaraan Anda saat ini dengan yang pelayanannya lebih memuaskan.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular

Wisata Danau Toba







To Top