Markas Kaskus Leaderboard
Consumer Goods

Meme Lucu Khong Guan Pun Belum Mampu Kalahkan Roma

Lain ladang, lain ikannya. Jika kategori mi instan punya jawaranya yaitu Indomie, begitu pula dengan kategori biskuit. Mayora Group berhasil menjadikan Roma tidak hanya sebagai revenue generator bagi perseroan, melainkan juga brand dari Mayora yang paling banyak direkomendasikan konsumen.

Bisuit Roma yang melegenda karena hadir sejak 50 tahun lalu, mencapai tingkat BAR 0,64 dengan PAR 0,84 menurut riset MarkPlus, Inc dalam WOW Brand 2018. Disusul peringkat berikutnya yaitu Khong Guan dan Nissin dengan BAR masing-masing 0,53 dan 0,48.

Ternyata, meme lucu yang mencari tahu siapa ayah dari keluarga yang berada di kaleng Khong Guan, tak lantas membuat merek ini menjadi pemimpin puncak dalam hal advokasi konsumen.

Apa sebabnya? Sebenarnya, dari segi varian merek, Khong Guan lebih unggul dari Mayora. Merek yang didirikan oleh Hidayat Pramono ini memiliki lebih dari 418 jenis biskuit, yang menyasar semua segmen, dari dewasa, remaja, hingga anak-anak.

Khong Guan pun secara holding memiliki dua merek biskuit lainnya, yaitu Nissin dan Serena yang disegmentasikan untuk kalangan yang berbeda. Nissin untuk menengah bawah, sedangkan Serena untuk kelas atas.

Sementara Mayora hanya bermain di lima kategori biskuit dengan jumlah mereknya yang mencapai puluhan. Bedanya, merek-merek di bawah Roma selalu menggunakan nama Roma sebagai brand identity. Ini membuat brand presence Roma seakan lebih besar dari pesaingnya, meskipun jenis biskuitnya terhitung lebih sedikit.

Misalnya, untuk kategori plain sweetened, Roma mengeluarkan Roma Kelapa dan Roma Mari. Untuk kategori sandwich biscuit, pihaknya menaruh Roma Slai O’lai dan Roma Sari Gandum sebagai garda utama.

Biskuit sebagai kategori dengan loyalitas yang rendah selalu punya “PR” untuk terus mengingatkan calon konsumen. Tak ayal, belanja iklan kategori ini selalu tinggi, tak terkecuali oleh Roma.

“Untuk merek legendaris seperti Roma saja, kami tetap mengiklankannya. Kami beriklan di saat keluarga berkumpul, yatu pagi hingga sore menjelang malam,” papar Vienno Monintja, Direktur Pemasaran PT Mayora Indah Tbk.

Dari nama-nama merek konsumen di bawah ini, mana yang Anda rekomendasikan?

MARKETEERS X

Most Popular

HOMEDEC Ads
IIMS 2018 Ads







To Top