Grapeshot Leaderboard
Automotive

Menakar Beragam Segmen Kendaraan Roda Dua

Gambaran Konsumen Vespa

Konsumen di segmen pasar yang berbeda tidak bisa disamakan. Perlakuan yang diberikan pun tidak bisa diseragamkan, baik itu konsumen kelas atas maupun kelas bawah. Seperti yang dilakukan oleh Piaggio dengan brand Vespa dan Piaggio di segmen kelas menengah atas dan Suzuki dengan brand Address dan Nex II di segmen menengah bawah.

Kehadiran brand motor Vespa dan Piaggio di Indonesia dengan sentuhan modern cukup mendapat sambutan yang hangat dari konsumen Indonesia. Brand ini pun dinilai mampu menjawab kebutuhan style dari masyarakat, khususnya kalangan anak muda. Yup, kebanyakan konsumen pabrikan asal Italia adalah Gen Y.

Dalam melakukan pembelian, Piaggio Indonesia melihat generasi ini kerap melihat beberapa hal. Seperti, jumlah diler dan workshop untuk melakukan perbaikan dan modifikasi. Lalu, mereka sangat senang dipenuhi kebutuhan gaya hidupnya dengan adalah produk yang stylist namun aman dikendarai.

“Terakhir, hal yang paling penting yang tengah kami bangun untuk segmen ini adalah ekosistem Vespa dan Piaggio. Dan kami menjadikan komunitas sebagai katalisator bagi strategi kami di pasar ini, Bahkan, komunitas pecinta Vespa dan Piaggio di Indonesia adalah yang terbesar kedua setelah komunitas di Italia,” ujar Marco Noto La Diega, President Director PT Piaggio Indonesia.

Lain halnya dengan Suzuki yang juga memiliki lini produk skutik, seperti Suzuki Address Playful. Bagi mereka, target konsumen mereka adalah rentang umur 17 sampai 20 (gen Z), khususnya di kelas ekonomi B dan C atau pasar menengah bawah. Di atas segmen ini, Suzuki memiliki sekelompok target pasar untuk produk barunya, Suzuki Nex II.

Motor ini membidik konsumen Gen Z dan Y yang berumur 17-25 tahun dengan kelas ekonomi dari kelas atas paling dasar hingga kelas menengah-menengah. Mereka adalah para anak sekolah dan mahasiswa yang tinggal di sekitar pinggiran kota dan daerah rural. Lebih spesifik, Suzuki menyasar konsumen yang senang pada sport, musik, berinteraksi dengan sesama, menonton film, dan hangout bersama teman-teman. Pada segmen ini, produk yang stylish sangatlah penting.

Jika konsumen Piaggio cenderung menyukai warna-warna matte, konsumen Suzuki Address lebih menyukai motor yang penuh warna. Warna ini pun dianggap sebagai upaya untuk mengapresiasikan kehidupan mereka.  Namun, beda dengan segmen Suzuki Nex II yang lebih senang warna yang simpel dan terlihat sporty.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top