Consumer Goods

Menanti L’Oréal Menjual The Body Shop

Photo Credit:

Salah satu raksasa kosmetik dunia L’Oréal sedang berunding untuk menjual salah satu lini merek kosmetiknya The Body Shop kepada perusahaan asal Brasil, Natura Cosmeticos. Kedua perusahaan akan mencapai kesepakatan final paling lambat pada akhir tahun ini.

Natura dikabarkan tertarik membeli The Body Shop dari L’Oréal senilai US$ 1,1 miliar. Natura sendiri adalah perusahaan kosmetik yang dikenal menjual produk tata rias dan lotion dengan merek Mary Kay.

Perusahaan ini juga memiliki Aesop, merek skin care dan tata rambut asal Australia. Natura membeli mayoriras saham Aesop pada tahun 2012, dan kemudian mengakuisisi penuh pada tahun 2016.

Sedangkan, L’Oréal membeli The Body Shop pada tahun 2006 dengan nilai transaksi kala itu sebesar US$ 652 juta. Perusahaan asal Paris itu menyatakan sedang mengeksplorasi “opsi strategis” untuk menjual merek dengan kinerja buruk.

Dikutip dari The Guardian, L’Oréal menjual The Body Shop karena laba operasional merek ini turun 38% menjadi 34 juta euro pada tahun 2016. Sementara, penjualan merosot hampir 5% menjadi 921 juta euro. Pada liburan Natal, penjualan The Body Shop malah turun 6,3%.

Natura mengatakan akuisisi tersebut akan membantu perusahaan menjadi organisasi multinasional. Pasalnya, The Body Shop telah beroperasi di 66 negara dan memiliki lebih dari 3.000 gerai, di mana 133 di antaranya berlokasi di Brasil.

Kedua perusahaan diprediksi akan memiliki penjualan bersih sekitar 3,15 miliar euro dengan memiliki 3.200 toko ritel di seluruh dunia.

The Body Shop, pelopor kosmetik yang mengusung konsep ramah lingkungan didirikan pada tahun 1976 oleh Anita Roddick. Merek ini menghasilkan penjualan sekitar US$ 1,7 miliar pada tahun 2016.

“Natura akan mendukung pengembangan The Body Shop dalam jangka panjang dan memungkinkan The Body Shop untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya sambil menghormati komitmen kuatnya terhadap karyawan, pemegang waralaba dan pemangku kepentingan,” kata CEO L’Oreal Jean-Paul Agon.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top