Lifestyle

Menemukan Bagian Tak Terlihat dari Kemegahan Borobudur

Photo Credits: 123rf

Jika Anda berkunjung ke kompleks Candi Borobudur, jangan melewati kesempatan untuk berkunjung ke sejumlah musem yang berada di dalamnya. Pasalnya, selain harga tiket yang Anda bayarkan diawal sudah termasuk ke dalam biaya tiket museum, Anda juga bisa menemukan hal-hal baru yang tak Anda temukan di candi Borobudur. Salah satu museum yang menarik dikunjungi adalah Museum Karmawibhangga.

Museum ini menyimpan deretan koleksi benda purbakala dan foto relief yang tersembunyi di balik kaki candi. Terdapat ribuan balok batu yang berjejer di halaman Museum Karmawibhangga. Batu-batu ini menjadi saksi sejarah bagaimana Candi Borobudur terbentuk. Deretan batu yang masih berada di museum ini merupakan bagian dari candi yang masih belum ditemukan pasangannya.

Tak hanya deretan batu candi, museum ini juga menyimpan foto-foto bersejarah dari Borobudur, miniatur candi, arca, hingga patung kepala Buddha terbesar di Indonesia.

Yang menarik dan paling memikat banyak perhatian pengunjung adalah patung Unfinished Buddha. Patung Buddha dalam bentuk yang tidak sempurna ini menyimpan berbagai hipotesis. Ada yang mengatakan patung ini tak sempurna karena kesalahan si pemahat, namun ada pula yang mengatakan ketidaksempurnaan patung ini untuk menunjukkan kesempurnaan sang Buddha.

Relief Karmawibhangga sendiri merupakan bagian dasar dari relief Candi Borobudur yang melambangkan Karmawibhangga atau manusia yang terikat hawa nafsu dan tunduk pada hukum karma. Masing-masing relief Karmawibhangga yang terdapat di candi Borobudur menggambarkan cerita berkelanjutan yang menunjukkan hubungan sebab-akibat.

Bagaimana? Menarik untuk dipelajari bukan? Jangan lupa berkunjung ke museum Karmawibhangga ketika Anda mengunjungi kawasan candi Borobudur.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top