Grapeshot Leaderboard
Consumer Goods

Menengok Konsep Kantor Agile Working Unilever Indonesia

With Great Power Comes Great Responsibility. Begitulah syair yang tepat untuk menggambarkan Unilever, perusahaan konsumer multinasional besar yang beroperasi sejak 84 tahun silam di negeri ini.

Tanggung jawab besar itu salah satunya dikreasikan dalam sebuah gedung megah di kawasan penyangga ibu kota BSD City, Tangerang, Banten.

Menapakkan kaki di depan gedung berwarna abu yang luas lahannya mencapai 50.000 m2 itu, kami pun merasa “OK, sudah sewajarnya Unilever seperti ini”.

Perusahaan yang menaungi 33 brand itu akhirnya meluncurkan “markas” barunya yang memberikan pengalaman berbeda bagi siapapun yang mengunjunginya. Kendati demikian, atmosfir tersebut mesti dirasakan para pekerjanya dengan bergeser sejauh 18 kilometer dari pusat kota.

Di bangun di atas lahan seluas 30.000 m2, Grha Unilever menampung sekitar 1.350 karyawan, yang dulunya terpencar ke dalam empat kantor terpisah. Didesain oleh firma arsitek Aedas, pembangunan gedung ini terbilang cukup cepat, atau memakan waktu tiga tahun sejak pelaksanaan ground breaking pada tahun 2012.

Tentu saja, bujet sebesar Rp 1 triliun mesti digelontarkan Unilever demi memperoleh satu gedung yang mengusung konsep ramah lingkungan itu.

Mengadopsi kantor yang mengutamakan keseimbangan dan fleksibilitas, Grha Unilever lebih tepat disebut sebagai Green Campus. Sebab, setiap karyawan bebas memilih di mana mereka bekerja. Meja kerja bersekat yang selama ini menjadi format default bagi kebanyakan kantor, diganti dengan gaya collaboration space yang lapang.

Sedangkan disebut Green karena gedung ini telah menyabet predikat Gold+ dari Green Mark Certification U sebagai bangunan dengan desain ramah lingkungan. Misalnya, hawa panas yang masuk ke dalam gedung akan berkurang akibat penggunaan kaca khusus. Selain itu, gedung ini juga memakai lampu tenaga surya untuk penerangan jalan umum di kawasan perkantoran, serta penerapan sistem water fixtures dengan flow rate rendah untuk menghemat air.

Kurang lengkap rasanya bila tidak tersemat fasilitas penunjang untuk kenyamanan para pekerja. Gedung empat lantai dengan satu basement dan sebuah rooftop itu menawarkan berbagai fasilitas khusus, antara lain pusat kebugaran, Zwitsal Day Care Centre, ruang laktasi, TRESemmé salon, Magnum café, Buavita Juice Bar, perpustakaan, entertainment room, serta kantin berkapasitas 650 tempat duduk yang kateringnya dikelola oleh perusahaan f&b Ismaya.

Penasaran? Berikut beberapa foto yablng berhasil Marketeers himpun.

Fasilitas gym

Magnum Cafe

Salon TRESemme

Switzal Day Care

MARKETEERS X

Most Popular








To Top