Opinion

Mengapa Perusahaan Anda Tak Boleh Remehkan Layanan?

Source: 123rf

Layanan merupakan salah satu proses penting dalam meningkatkan value perusahaan. Sebab itu, banyak perusahaan menjadikan budaya layanan ini sebagai standar sikap orang dalam perusahaan tersebut. Budaya layanan ini pada akhirnya akan memengaruhi sikap pelanggan kepada perusahaan. Layanan yang baik akan disambut dengan baik pula oleh pelanggan.

Untuk apa budaya layanan ini bagi perusahaan? Seperti dikutip dari buku “Service Operation” terbitan MarkPlus (2009), layanan dapat memberikan keuntungan pada perusahaan. Pada umumnya, pemimpin perusahaan secara fundamental memercayai bahwa kualitas tinggi akan memberikan pendapatan yang tinggi. Sayangnya, banyak pemimpin tersebut yang belum percaya bahwa investasi untuk mengembangkan layanan akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Salah satu keuntungan layanan adalah menciptakan pelanggan yang loyal. Layanan yang prima terbayar karena menciptakan konsumen loyal – konsumen yang senang lantaran mereka memilih perusahaan setelah merasakan pengalaman  layanan  tersebut. Karena merasa senang, konsumen tersebut dengan senang hati merekomendasikan produk dan layanan ke konsumen lain. Di sinilah, perusahaan mendapatkan advokasi dari konsumennya. Ini momen paling berharga bagi perusahaan.

Selain itu, layanan  juga bisa memberikan efisiensi pada perusahaan. Asal tahu saja, perusahaan dengan kualitas tinggi memiliki biaya yang kurang lebih sama dengan kompetitor utamanya. Hal ini dapat terjadi karena peningkatan kualitas melibatkan peningkatan investasi dalam teknologi, riset pemasaran, pelatihan karyawan, pengukuran performa, sistem reward, dan sebagainya. Peningkatan kualitas ini mempu membawa perusahaan pada efisiensi operasional. Intinya, kualitas layanan  yang sudah mendarahdaging dalam seluruh elemen perusahaan membuat gerak perusahaan dalam mengelola pasar menjadi lebih efisien.

Bagaimana dengan perusahaan Anda?

MARKETEERS X

Most Popular








To Top