SMEMBA 2018 Leaderboard
Lifestyle

Mengenal Hobi Staycation, Liburan Hemat Bujet

Staycation (Ilustrasi: 123rf)

Liburan tak melulu harus ke luar kota atau luar negeri. Liburan di dalam kota juga bisa dilakukan atau yang disebut staycation. Berasal dari kata stay (tetap) dan vacation (liburan). Ada juga yang menyebut dengan sebutan holistayholiday dan stay. Istilah ini muncul pertama kali 2003 ketika Amerika Serikat mengalami krisis keuangan.

Pada kegiatan ini, anggaran bisa ditekan karena tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk tiket pesawat atau sewa kendaraan. Kamu pun tidak perlu melakukan beragam riset untuk memprediksi perbedaan waktu dan musim hingga menyiapkan berbagai perbekalan.

Beragam kegiatan bisa dilakukan pada agenda staycation kamu. Mulai dari rekreasi di taman bermain, piknik, keliling kota, hingga memasang tenda di belakang rumah.

“Saya adalah salah satu orang yang hobi staycation. Saya gemar menginap di hotel-hotel mewah di Jakarta. Dan biasanya, orang seperti saya akan melakukan perbandingan harga dengan sangat ketat, hingga mencari di tujuh travel agent,” ujar Raine Renaldi, Direktur Utama diOpentrip.

Yup, mencari harga semurah mungkin adalah salah satu karakteristik wisatawan staycation. Masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk sekadar menghilangkan penat minim bujet. Kamu pun bisa mengkombinasikannya dengan berolahraga. Misal dengan lari pagi, berenang, marathon film, dan yang lainnya. Dan terbukti, cara ini cukup bisa diandalkan untuk menghibur diri kamu ketika anggaran sangat tipis.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top