MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Technology

Mengenal Marbot, Chatbot Gaul Line di Bulan Ramadan

Chatbot memang menjadi salah satu layanan andalan yang dimiliki messaging platform, LINE. Sebagai salah satu pionir teknologi chatbot di Indonesia, LINE kian fokus mengembangkan kecerdasan para robot chatting mereka. Memasuki bulan Ramadan, LINE yang dekat dengan millennials segera meluncurkan chatbot gaul bernama Marbot. Kira-kira apa keunikan yang dimiliki Marbot dibandingkan chatbot lain?

Memiliki mayoritas pengguna di kalangan milennials dan para remaja, LINE mencoba berkomunikasi lebih dekat dengan audiens mereka melalui chatbot bergaya milennials.

“Marbot alias Amalan Ramadan Chatbot hadir untuk menjaga amal ibadah pengguna LINE selama Ramadan. Mulai dari pengingat sholat, Kuliah Tujuh Message (KULTUM), dan lain-lain yang dikemas dengan cara berbeda,” ungkap Marketing Manager LINE Indonesia Deilika Chairina di gelaran Jakarta Marketing Week, Minggu (06/05/2018).

Marbot dikatakan Deilika memang memiliki cara penyampaian konten yang unik, sebagai contoh untuk fitur Kultum, Marbot mengemas ceramah yang diberikan secara ringan. Tidak hanya itu, cara penyampaian Chatbot pun dibuat menyerupai manusia yang membalas pesan tersebut.

“Para pengguna tidak akan begitu saja memperoleh balasan secara penuh dari penjelasan A sampai Z mengenai Kultum yang diberikan dalam satu kali kiriman pesan, melainkan Marbot akan membalas pesan tersebut satu per satu selayaknya ketika seseorang membalas pesan, ketik-enter-ketik-enter. Isi pesan yang dikomunikasikan pun menggunakan pilihan kata yang gaul atau dekat dengan keseharian milennials,” jelas Marketing Manager LINE Indonesia Andika Rinaldo Asry.

Selain Kultum, Marbot juga memiliki fitur Ujian Agama, dan Pengingat Sholat yang siap mengingatkan para pengguna dengan berbagai isi konten yang lucu dan berbeda di setiap hari, Inspirasi Ramadan yang memberikan berbagai tips seputar Ramadan, Ramadan Today yang berisi berita terkini seputar Ramadan, Main Chatbot, Berkah Hari ini , Petasan  Poin Ramadan, dan Belanja Yuk yang memberikan berbagai diskon pembelanjaan di LINE Shopping.

“Kami ingin memanfaatkan momen ini dengan menjadi satu aplikasi atau platform yang dapat mengakomodir seluruh kebutuhan pengguna LINE selama Ramadan. Turut mendukung mereka dalam menjalankan ibadah dengan cara yang tidak membosankan dan kekinian,” tutur Deilika dan Andika.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top