Automotive

Mengenal Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof pada Mobil

Sumber: Subaru.com

Apakah Anda pecinta otomotif roda empat? Kalau iya pasti sudah tak asing dengan istilah sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Lalu apa bedanya? Berikut penjelasannya.

Perbedaan pertama yang paling menonjol adalah soal dimensi. Ketiga kaca yang berada di atap ini memiliki dimensi yang berbeda. Sunroof cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan panoramic roof. Secara umum, sunroof hanya cukup untuk menerangi kursi baris pertama pada sebuah mobil.

Hal tersebut sama dengan moonroof. Ya, moonroof juga memiliki ukuran yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan panoramic roof. Jadi, jika dilihat secara dimensi maka sunroof dan moonroof memiliki ukuran yang sama-sama kecil. Nah, beda halnya dengan panoramic roof. Panoramic roof cenderung memiliki ukuran yang lebih besar. Bahkan panoramic roof bisa membentang dari kursi baris pertama hingga kedua.

Dengan ukurannya yang besar ini bisa dipastikan pencahayaan di dalam kabin akan cukup terang. Tak jarang sebuah mobil kelas atas mempunyai panoramic roof yang besar. Efeknya ketika mobil dilihat dari luar maka mobil seolah-olah terlihat mempunyai atap kaca.

Perbedaan selanjutnya terdapat pada fitur atau teknik saat kaca tersebut terbuka. Di sini, moonroof menjadi kaca yang memiliki teknik bukaan paling banyak di antara dua kaca lainnya. Setidaknya terdapat dua teknik bukaan kaca pada mobil yang memiliki moonroof ini. Teknik bukaan tersebut adalah tilt dan slide out.

Sesuai namanya, dengan menggunakan fitur tilt maka moonroof hanya akan terbuka ke atas sedikit atau dengan kata lain moonroof hanya terangkat sedikit. Nah, jika Anda menggunakan fitur slide out, baru kaca tersebut akan terbuka. Dinamakan slide out karena kaca pada moonroof akan terangkat ke atas lalu kaca tersebut akan terdorong ke belakang dan posisinya berada di atas atap mobil.

Sedangkan sunroof  hanya memiliki satu teknik bukaan yakni slide in. Berbeda dengan fitur slide out yang membuat kaca berada di atas atap mobil, fitur slide in menimbulkan kesan yang lebih rapi. Mengapa? Karena kaca tersebut jika dibuka maka akan masuk ke dalam ruangan yang tersedia di antara plafon dan atap mobil. Biasanya, mobil yang menggunakan sunroof ruang kepala di dalam kabinnya akan termakan sedikit untuk menjadi ruang penyimpanan kaca itu sendiri.

Lalu bagaimana dengan panoramic roof? Soal fitur, nampaknya panoramic roof adalah yang paling terbelakang. Pasalnya, panoramic roof tidak mempunyai teknik bukaan alias hanya sebuah kaca yang bisa digerakkan. Meski begitu, Anda pun bisa membeli sebuah mobil dengan ukuran kaca sebesar panoramic roof namun bisa dibuka sama dengan sunroof. Ya, kaca tersebut dikenal dengan sebutan panoramic sunroof.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top