Mshop-leaderboard-mobile
Finance

Mengintip Lima Investasi Terbaik untuk Pemula

Mengintip Lima Investasi Terbaik untuk Pemula investment
Ilustrasi: 123rf

Jika berbicara soal investasi, beberapa tahun lalu persepsi orang mengarah pada investasi saham dan hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang saja. Seiring berjalannya waktu, kekeliruan tersebut pun kian pudar. Saat ini, investasi sepertinya sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Bukan karena mengikuti tren semata, tetapi karena tawaran keuntungan yang akan diperoleh di kemudian hari. Melihat tren ini, Pegadaian membagikan wawasan mengenai lima investasi terbaik untuk pemula. Apa saja?

1. Reksadana

Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan membeli unit penyertaan reksadana.

Dana yang Anda investasikan ini kemudian akan dikelola oleh seorang manajer investasi ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligsi, pasar uang dan lainnya. Di reksadana ini, Anda hanya perlu menentukan jenis reksadana yang akan dibeli, dan tidak perlu pusing untuk memikirkan saham atau bahkan obligasi apa yang akan Anda beli, karena manajer investasi Anda lah yang akan mengelolanya.

Modal yang perlu dikeluarkan pun saat ini sudah tergolong terjangkau. Mulai dari Rp 100 ribu saja, Anda sudah bisa menambah portofolio investasi dengan Reksadana.

2. Deposito

Deposito merupakan produk penyimpanan uang di bank dengan sistem penyetoran yang penarikannya hanya bisa dilakukan setelah melewati waktu tertentu.

Biasanya deposito mempunyai jatuh tempo selama 1, 3, 6 atau 12 bulan. Setelah periode deposito berakhir, maka uang dapat diambil. Jika deposito dicairkan sebelum jatuh tempo, maka akan kena penalti sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Namun banyak juga bank yang tidak mengenakan pinalti.

Deposito memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Bunga ini dapat diambil setelah tanggal jatuh tempo atau Anda masukkan lagi ke pokok deposito untuk didepositkan lagi di periode berikutnya.

3. Properti

Jika Anda memiliki uang lebih, Anda bisa memilih investasi properti. Investasi properti sekarang ini merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih untuk menjaga kestabilan keuangan.

Anda bisa membeli rumah, membeli unit apartemen dan kemudian disewakan, atau mambangun rumah kontrakan. Dengan melakukan investasi properti ini, Anda akan mudah mendapatkan uang tanpa bersusah payah bekerja. Walau demikian, Anda juga harus cermat sebelum memutuskan untuk memilih investasi ini. Pemilihan lokasi, sampel rumah dan yang lainnya harus direncanakan dengan matang.

4. Benda Koleksi

Jika investasi sebelumnya Anda rasa berat, mengapa tidak Anda manfaatkan benda koleksi yang Anda miliki?

Yup, investasi saat ini memang bukan sekadar saham, properti, dan lainnya yang kita kenal saat ini, tetapi sudah merambah ke dalam bentuk lainnya, salah satunya barang koleksian Anda.

Koleksi seperti lukisan, piringan hitam, benda-bendar antik, action figure, diecast, dan yang lainnya bisa saja menghasilkan uang di kemudian hari.

5. Emas batangan

Investasi emas masih menjadi instrumen investasi yang banyak dipilih karena dinilai stabil di tengah fluktuasi pasar keuangan. Investasi emas ini bisa menjadi investasi jangka panjang Anda karena nilai emas yang cenderung naik, sehingga akan lebih menguntungkan. Jika suatu saat Anda membutuhkan dana pun, investasi emas sangat mudah dicairkan dibandingkan dengan investasi lainnya.

Bagaimana cara untuk berinvestasi emas? Pegadaian membagikan kiatnya di tautan berikut: Kiat Investasi Emas

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top