Consumer Goods

Mengintip Kunci Sukses Panasonic di Pasar Indonesia

 Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis Panasonic Gobel Indonesia terus mengalami peningkatan. Di saat perusahaan elektronik asal Jepang lainnya harus berjuang keras melawan gempuran merek asal Korea Selatan (Korsel), Panasonic justru melenggang di beragam segmen.  Bisnis perusahaan ini rata-rata tumbuh di angka 15% setiap tahunnya.

Tak heran bila di tahun ini mereka mematok target pertumbuhan hingga 20%. Tapi, seperti apa rahasia dari Panasonic mampu bertarung menghadapi merek lain, terutama dari Korsel dan Tiongkok yang mulai merangsek pasar? Salah satu jawaban kuncinya adalah mengerti kebutuhan pasar lokal pada produk-produk home appliances.

Memang, Panasonic telah puluhan tahun eksis di negara ini. Sejarah Panasonic di sini bermula sejak adanya merek National pada tahun 1970. Lalu, pada tahun 2004 merek National berubah menjadi Panasonic. Hal ini membuat merek ini mengerti benar anxiety and desire masyarakat Indonesia. Bukan sekadar needs and want semata.

Kunci sukses selanjutnya adalah kemampuan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen dan distributor. Hal ini telah dibuktikan di saat-saat ketika  krisis ekonomi menerpa negara. Merek ini tetap eksis dan ada di pasar dengan beragam aktivitasnya.

“Tahun lalu, saat krisis datang, kami tetap ada di pasar. Kami tidak mengurangi aktivitas pemasaran. Tetap beriklan, promosi jalan terus, hasilnya penjualan kami naik,” kata Hiroyoshi Suga, Presiden Direktur PT Panasonic Global Indonesia, di Jakarta.

Konsistensi dalam aktivitas pemasaran ini tidak saja membuat konsumen terpikat membeli produk-produk Panasonic. Hal ini juga membuat para diler merasa percaya diri karena prinsipal tetap menunjukkan komitmen untuk terus ada di sini. “Saat krisis ekonomi, kalau merek lain mengurangi bujet iklan atau selektif dalam memilih media, kami justru tetap melakukan seperti biasa,” tambah  Assosiate Direktur Panasonic Gobel Indonesia Ahmad Zakari.

Berikutnya, yang paling penting adalah konsistensi dalam melakukan inovasi dan perluasan distribusi. Ahmad menegaskan bahwa Panasonic terus menghadirkan produk-produk berkualitas dan inovatif bagi konsumen di Indonesia. Di antaranya, menyuguhkan produk yang lebih efisien dari kompetitor.

“Kami juga terus melakukan penetrasi pasar di berbagai wilayah. Pembukaan jaringan dan service center baru, baik di Jawa dan luar Jawa menjadi salah satu agenda penting kami. Karena hal ini akan memberi rasa aman pada konsumen,” pungkas Ahmad.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top