Grapeshot Leaderboard
Technology

Mengintip Sistem Keamanan Tiket Nonton FIFA World CupTM 2018

Ilustrasi dari dokumen HID Global

Penjualan tiket ilegal menjadi perhatian utama dalam setiap Piala Dunia 2018 FIFA World CupTM. Dalam siaran pers baru-baru ini, FIFA mengingatkan kepada calon penonton bahwa FIFA menganggap penjualan dan distribusi tiket ilegal sebagai masalah serius dan akan bekerja sama dengan pemerintah setempat, termasuk lembaga perlindungan konsumen di berbagai negara. Upaya ini untuk mengidentifikasi dan menanggulangi penjualan tiket yang tidak sah.

FIFA pun memperingatkan penggemar sepak bola bahwa tiket yang didapat dari sumber lain selain situs resmi FIFA.com/tickets akan secara otomatis dibatalkan saat teridentifikasi. Dengan ini, artinya membatalkan akses ke dalam stadion, menolak pengembalian uang, maupun kompensasi lainnya.

Untuk menjaga hal tersebut, HID Global®, perusahaan penyedia solusi keamanan identitas kelas dunia ditunjuk sebagai penyedia tiket resmi untuk Piala Dunia 2018 FIFA World Cup, acara olahraga terbesar dan bersejarah di dunia. HID Global akan mendistribusikan lebih dari 3 juta tiket dengan teknologi RFID (Radio-frequency identification) yang di amin keamanannya untuk 64 pertandingan Piala Dunia 2018 FIFA World CupTM di 11 kota di Rusia, mulai 14 Juni hingga 15 Juli 2018.

Tiket Piala Dunia 2018 FIFA World Cup yang didistribusikan oleh HID Global merupakan tiket berteknologi pintar yang dilengkapi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) serta beragam fitur keamanan seperti kertas khusus dan fitur-fitur lainnya yang dirancang untuk mencegah penipuan dan pemalsuan tiket. Data yang disimpan dalam tiket berbentuk chip RFID kemudian dienkripsi dan ditandatangani secara digital.

“HID Global menyediakan benteng keamanan untuk mencegah pemalsuan tiket, sekaligus membantu FIFA memberikan kemudahan kepada para penggemar sepak bola dalam mendapatkan tiket dan tap-and-go (masuk) ke dalam stadiun,” ujar Stefan Widing, Presiden dan CEO HID Global dalam siaran resminya ke Marketeers.

HID Global meyakini bahwa solusi RFID dan beragam fitur keamanan lainnya yang terdapat di dalam tiket, akan memberikan perlindungan lebih dan pengalaman menarik kepada FIFA dan juga para penonton.

RFID tidak seperti tiket barcode tradisional yang lebih mudah dipalsukan. RFID mentransmisikan identitas unik dari masing-masing tiket dan pemegang tiket melalui gelombang radio. Berbeda dengan mesin pembaca barcode, scanner RFID tidak perlu saling berhadapan dengan chip RFID.

Peserta hanya perlu menempelkan tiket mereka ke mesin pembaca untuk melakukan validasi dan mendapatkan akses ke dalam stadion, dengan begitu proses registrasi bisa menjadi jauh lebih cepat dan meningkatkan pengalaman penonton terutama dalam acara-acara besar seperti pertandingan Piala Dunia 2018 FIFA World CupTM.

Sebagai bagian dari proyek ini, HID Global juga telah menyediakan beragam layanan pra-personalisasi, fulfillment, consignment dan proses pengiriman tiket secara aman. Selain itu, pengembangan middleware dan sistem manajemen utama juga dipersiapkan untuk mendukung jalannya acara, termasuk libraries sebagai akses kontrol manajemen dalam mengakses perangkat utama.

Solusi tiket HID merepresentasikan cara baru dalam penyediaan tiket dengan teknologi keamanan yang canggih untuk suatu acara, dan memainkan peran sebagai “penjaga gawang” dalam melawan penipuan terhadap pelanggan.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top