MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Lifestyle

Mengisi Momen Ramadan, Kunjungi Destinasi Wisata Religi Ini

Photo Credits: YouTube/ Muhtadi M.Djafar

Momen Ramadan menjadi salah satu momen terbaik untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Mengunjungi destinasi wisata religi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk hal ini. Berikut ini Marketeers X merangkum deretan destinasi wisata religi yang dapat dikunjungi saat Ramadan. Simak informasi berikut ini!

Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya

Masjid yang terletak di wilayah Surabaya ini memiliki arsitektur bergaya Klenteng dengan sentuhan gaya Timur Tengah dan Jawa. Nuansa Tiongkok terasa jelas di kawasan masjid yang terletak di area Komplek Gedung Serba Guna Pembina Imam Tauhid Islam (PITI) Jawa Timur Jalan Gading No.2, Surabaya ini.

Masjid yang dibangun sebagai bentuk penghormatan pada seorang Laksamana asal Tiongkok yang beragama Islam (Cheng Ho) dihiasi dengan ornament berwarna merah dengan deretan relief naga. Masjid ini juga memiliki patung singa yang terbuat dari lilin dengan lafaz Allah dalam huruf Arab di puncak Pagoda. Namun, masjid ini tak hanya berada di Surabaya, melainkan di sejumlah daerah lain, seperti Jember, Palembang dan Banyuwangi.

Museum Al-Quran Al-Akbar di Palembang

Berlokasi di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, Palembang, museum Al-Quran ini terbilang cukup instagramable. Tak heran, museum ini menjadi salah satu destinasi unggulan di Sumatera Selatan. Di sini, kamu bisa melihat Al-Quran raksasa yang dipahat di permukaan kayu tembesu sepanjang 177cm dengan lebar 140cm, dan ketebalan 2,5cm. Tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal, wara-wiri wisatawan mancanegara pun terlihat di lokasi ini.

Masjid Raya Baiturrahman di Aceh

Masjid nan Megah ini menjadi ikon kebangaan masyarakat Aceh. Didirikan sejak masa Kesultanan Iskandar Muda (1612 M), masjid ini menjadi salah satu bangunan termegah di kawasan Asia Tenggara. Memiliki menara yang menjulang tinggi di jantung kota Aceh kian menambah ikonik destinasi wisata religi ini. Tidak hanya itu, ketika mengunjungi destinasi ini pun kamu dapat melihat prasasti yang mengabadikan kematian Jenderal Belanda J.H.R. Kohler bersama 400 pasukan.

Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang

Melangkah ke Semarang, kamu bisa menemukan sebuah masjid yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. Ada begitu banyak hal menarik yang bisa ditemui di sini, seperti menara Asmaul Husna dengan ketinggian 99meter, dan melihat Al-Quran raksasa yang ditulis H.Hayatuddin. Sentuhan arsitektur Timur Tengah, Roma, dan Jawa kian menambah keindahan dari masjid ini.

Masjid Menara di Kudus

Dibangun sejak 1549, Masjid Menara Kudus merupakan bukti akulturasi kebudayaan Hindu dan Islam yang ada di Kudus. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang cukup terkenal. berada satu kompleks dengan makam Sunan Kudus menarik banyak peziarah Islami mengunjungi destinasi ini.

Masjid Nurul Yakin (Masjid 1000 Pintu) di Tangerang

Di wilayah Tangerang, kamu bisa menemui Masjid 1.000 Pintu. Pasalnya, masjid yang menyerupai labirin  ini memiliki begitu banyak pintu. Tidak hanya itu, masjid ini juga memiliki begitu banyak ruangan, seperti ruang makan, ruang tasbih, dan lain-lain. Masjid Nurul Yakin menjadi salah satu bukti persebaran agama islam di wilayah ini.

Masjid Istiqlal di Jakarta

Untuk kamu yang tak mau menikmati wisata religi di luar Jakarta, kamu bisa mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid megah berarsitektur modern yang dibangun pada masa pemerintahan Ir. Soekarno ini merupakan masjid terbesar di Indonesia. Bahkan, Masjid Istiqlal diprediksi dapat menampung 200 ribu jamaah. Selain itu, lokasi masjid yang bersebrangan dengan Gereja Katedral Jakarta menjadi simbol kerukunan keragaman beragama di tanah air.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top