Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Eks Pendiri Kaskus Ungkap Alasan Menunda Investasi di Startup

investasi di startup

Didirikan pada akhir tahun 2015, Campaign.com memiliki tujuan untuk mendorong perubahan, menciptakan dampak sosial dan menjadi rumah bagi para pembuat perubahan untuk membangun Indonesia dan dunia yang lebih ramah.

Sejak didirikan dua tahun lalu, hingga saat ini sudah lebih dari 200 individu dan komunitas di Indonesia dan lebih dari 60 individu dan komunitas dari luar Indonesia bergabung untuk melakukan kampanye bersama Campaign.com. Jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya orang-orang yang peduli pada kehidupan sosial.

William S. Gondokusumo selaku CEO Campaign.com melihat selama ini banyak kampanye sosial yang telah dilakukan, tapi tidak berlangsung lama. Kebanyakan dari kampanye tersebut hanya berupa euforia dalam media sosial tanpa diikuti dengan tindakan nyata. Baginya kehadiran Campaign.com untuk membantu mereka melakukan kampanye yang berkelanjutan.

“Kami menyebut mereka sebagai changemakers. Dengan melibatkan para changemakers, meningkatkan suara dan aksi mereka, kami yakin orang-orang baik, bisa membangun kehidupan yang lebih baik, dengan melakukan hal-hal baik, di Indonesia bahkan dunia” ujar William.

Selama dua tahun berdiri, kali ini Campaign.com mendapat sokongan investasi dari mantan pendiri Kaskus, Ken, Dean Lawadinata. Ken tidak menyebutkan berapa angka investasi yang dia tanamkan. Ia juga menjelaskan bahwa kehadiran dirinya tidak akan merubah struktur organisasi yang ada di Campaign.com.

Ketika memutuskan untuk berinvestasi di Campaign.com, Ken teringat ketika membantu mendirikan Kaskus. Menurutnya Kaskus merupakan forum yang dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi masyarakat. “Membangun komunitas adalah hal yang penting untuk membantu membangun Indonesia yang lebih baik lagi. Saya berharap, Campaign.com tidak hanya membuat perubahan di Indonesia tapi juga untuk dunia” ujar Ken.

Ken menjelaskan bahwa investasinya baru dilakukan tahun ini sebab ia melihat ada sedikit dinamika dalam industri startup nasional pada 2016 lalu. Ia melihat bahwa industri startup kala itu sedang panas-panasnya. Beberapa investor besar baik dari barat dan timur dengan dana yang lebih besar hadir dan menanamkan modalnya di Indonesia. Hal itu yang menjadi alasan dirinya untuk menahan keinginan untuk berinvestasi.

“Dulu saya investasi di Kaskus karena kaskus akan menjadi solusi. Bagi saya good business is solve problem. Jadi, saya melihat kalau Campaign.com ini akan menjadi investasi jangka panjang,” pungkas Ken.

 

Most Popular








To Top