Mshop-leaderboard-mobile
Automotive

Mobil Honda: Produk Disuka, Komunitas Dijaga

Mobil Honda: Produk Disuka, Komunitas Dijaga Honda-br-v

Honda mobil mencatatkan kinerja penjualan yang gemilang pada tahun 2016. Pada periode itu, penjualan merek ini berhasil tumbuh hingga 25,18% dibanding tahun sebelumnya. Angka penjualannya melonjak dari 159.253 unit pada tahun 2015 menjadi 199.364 unit pada tahun 2016.

Prestasi ini sekaligus menjadi rekor penjualan baru sepanjang keberadaan brand ini di pasar Indonesia. Dan, pencapaian rekor ini terjadi ketika persaingan di industri mobil nasional tahun lalu terasa begitu ketat lantaran kondisi pasar yang belum membaik. Tahun lalu, pasar mobil nasional hanya tumbuh sekitar 4%an dibanding tahun 2015. Angkanya naik dari 1,01 juta unit menjadi 1,06 juta unit.

Penjualan Honda memang terus menanjak dalam beberapa tahun terakhir. Semenjak Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) gencar menggelontori pasar dengan beragam produk baru. Selama berturut-turut, dari tahun 2013 hingga 2015, HPM melakukan world premiere di negara ini untuk Honda Mobilio, Honda HR-V, dan Honda BR-V.

Sepanjang tahun 2016 lalu, HPM memang tidak meluncurkan produk baru. Namun, Honda justru berhasil meraih penjualan tertingginya.  Apa rahasianya?

“Model, desain, dan teknologi semakin menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli mobil. Kemudian, diikuti oleh kualitas servis dan efisiensi bahan bakar. Dan, sekarang ini kami melihat model sport utility vehicle (SUV) terus tumbuh pasarnya. Walaupun di model lain tetap memiliki peminat,” kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Bila melihat model-model Honda yang ada di pasar, tampilannya memang lebih menarik di antara brand lainnya. Bisa dikatakan desain mobil Honda memberi penyegaran di segmen masing-masing. Terbukti, dengan larisnya SUV keluaran Honda yang membuat merek ini menjadi pemimpin pasar di segmen ini.

Yang jelas, HPM tidak sekadar mengandalkan produk dan layanan, namun selalu menjalin kedekatan dengan konsumen. HPM pun gencar mendekati konsumen lewat komunitas.  Tiap tahun, brand ini rutin menggelar kontes modifikasi bagi para pemilik Honda Jazz dan Honda Brio.

Tahun lalu, HPM menggelar Honda Day 2016.  Sebuah gelaran untuk para komunitas dari semua merek keluaran Honda.  Sebanyak lebih dari 2.000 anggota komunitas dan penggemar Honda meramaikan acara Honda Day 2016 yang digelar di area parkir Hall 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD. “Aktivitas ini untuk  memperkuat hubungan baik antara Honda dengan komunitas dan seluruh konsumennya,” kata Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Most Popular








To Top