MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Finance

Modalku Telah Salurkan Pinjaman Rp 1 Triliun ke UMKM

www.123rf.com

Terhitung dari sejak pertama beroperasi, tahun 2016, Grup Modalku berhasil mengucurkan pinjaman usaha hingga Rp 1 triliun. Kucuran ini meliputi pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) dari Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Nilai kucuran di tahun 2017 terhitung tumbuh sembilan kali lipat dibanding tahun 2016.

Indonesia menjadi negara terbesar yang menyerap pinjaman dari Modalku. Sekitar 50% dari total pencairan pinjaman itu diberikan ke para UKM di negara ini. Total pendanaan UMKM Grup Modalku merupakan jumlah terbesar yang dicetak platform peer-to-peer (P2P)  lending baik di Indonesia maupun Asia Tenggara.

“Kami sangat bangga atas pencapaian yang telah diraih Modalku hingga tahun 2017, khususnya mendapatkan pengakuan dunia bahwa kami memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia serta mendukung inklusi keuangan nasional. Di tahun 2018 kami berharap dapat mendukung semakin banyak UMKM berpotensi, baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara,” kata Reynold Wijaya selaku Co-Founder dan CEO Modalku.

Modalku menyediakan layanan P2P lending, yang mana UMKM berpotensi dan pencari investasi alternatif dipertemukan lewat pasar digital. Dengan mendanai pinjaman UMKM, pemberi pinjaman Modalku mendapatkan alternatif investasi dengan tingkat return menarik, lebih tinggi dibandingkan deposito dan obligasi.

Di sisi lain, UMKM peminjam mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan dengan proses online yang mudah dan cepat. Model bisnis P2P lending Modalku memperluas akses pinjaman modal usaha bagi UMKM untuk mengembangkan bisnisnya, agar semakin banyak segmen masyarakat yang mendapatkan layanan keuangan.

Pada tahun lalu, Modalku terpilih dalam daftar Fintech 250 CB Insights yang berisi perusahaan-perusahaan terbaik dunia yang melakukan terobosan inovasi dalam bidang teknologi finansial. Selain itu, laporan FinTech 2017 Daily Social menunjukkan bahwa Modalku adalah layanan FinTech pinjam-meminjam no.1 di Indonesia.

“Penghargaan-penghargaan ini membuktikan bahwa dunia mengakui dampak positif bagi masyarakat yang diciptakan solusi FinTech seperti P2P lending,” pungkasnya.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top