SMEMBA 2018 Leaderboard
Finance

Momobil.id, Platform e-Commerce Mobkas dari Adira Finance

Pasar mobil bekas (mobkas) sedikit terguncang setelah banyak mobil baru dengan harga yang lebih terjangkau muncul di pasar. Ada pertumbuhan, namun sangat kecil.  Meski begitu, geliat bisnis mobkas tetap menjanjikan dan tak pernah ditinggalkan para pemainnya. Inilah yang membuat para pemain di industri pembiayaan juga tetap setia melayani bisnis ini.

Lebih dari itu, Adira Finance, sebagai salah satu pemain besar dalam pembiayaan mobkas melakukan terobosan dengan melakukan digitalisasi. Perusahan ini meluncurkan momobil.id, sebuah platform e-commerce mobkas pertama di Indonesia. Lewat momobil.id ini, Adira Finance tidak hanya menciptakan platform bertemunya penjual dan pembeli mobkas, namun secara otomatis pembiayaannya pun langsung oleh perusahaan ini.

“Momobil.id merupakan salah satu jawaban kami pada perubahan perilaku konsumen di Indonesia yang menuntut segalanya semakin cepat dan online. Di sisi lain, ini merupakan transformasi bisnis Adira Finance ke dunia digital,” kata Hafid Hadeli, Chief Executive Officer PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk., saat peluncuran momobil.id, hari ini (15/12/2017).

Ia menambahkan bahwa konsumen akan mendapatkan layanan memuaskan dan jaminan saat melakukan transaksi. Secara jaminan, Adira Finance memiliki Mister Auto yang akan melakukan pengecekan pada kondisi mobkas. Segala kondisi yang dicantumkan dalam keterangan mobkas yang dijual haruslah benar. “Bahkan, kami memberikan jaminan selama 6 bulan untuk kondisi mesin dan body mobil. Intinya, kami hanya menawarkan mobil bekas yang berkualitas,” katanya.

Untuk menjamin kualitas tersebut, Adira Finance juga melakukan pembatasan pada umur mobil yang bisa dijual di momobil.id. Lalu berapa umur mobkas yang bisa dijual lewat mobkas? “Batasannya, ketika jatuh tempo tenor atau kredit berakhir umur kendaraan maksimal 12 tahun,” tambahnya.

Tak hanya itu, momobil.id juga menyediakan layanan berupa personal assistant (PA) bagi para pelanggan. Adanya PA ini untuk menjembatani antara offline dan online. Pelanggan bisa melakukan interaksi tanya-jawab dengan PA untuk mencari semua informasi yang terkait produk dan pembiayaan.

Untuk pembiayaan, lewat momobil.id juga memberikan kemudahan. Konsumen bisa mendapatkan informasi mengenai approval kredit dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu, konsumen tidak perlu membuang waktu untuk mengisi data yang dibutuhkan. “Hanya ada empat baris data isian yang wajib diisi oleh konsumen,” jelas Errol Franklin Siahaan, Vice President Digital Business Adira Finance.

Mengenai target, Hafid mengatakan bahwa secara keseluruhan Adira Finance berharap bisa tumbuh 5-10%. Dan, diharapkan momobil.id bisa memberikan kontribusi besar dalam pencapaian target tersebut. Menurut laporan keuangan yang dirilis Danamon, selaku induk dari Adira Finance, pembiayaan ini berhasil membukukan pertumbuhan 1% di kuartal III, menjadi Rp 44,2 triliun. Pembiayaan baru untuk roda dua tumbuh 7%, sedangkan untuk roda empat naik 8% dibanding tahun lalu di periode yang sama.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top