Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Motor Honda Paling Banyak Dicari di OLX Saat Sahur

OLX
Kredit foto: 123RF

Semenjak mengganti tampilan awal tahun ini, OLX mengklaim terus mengalami peningkatan terutama soal traffic masuk. E-commerce yang baru saja ditinggal CEO-nya Daniel Tumiwa tersebut kini memiliki 1,1 juta pengguna aktif per hari. Itu artinya angka tersebut naik sebesar 10% dibanding tahun lalu.

“Kelihatannya sedikit ya hanya 10% saja. Tapi berhubung size OLX sudah terhitung besar, itu cukup. Biasanya yang tumbuh besar berkali-kali lipat kan e-commerce baru dan itu wajar. Bagi kami untuk tumbuh sebesar itu lagi sulit,” ujar Chief Marketing Office OLX Indonesia Edward Kilian di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara untuk kunjungan per bulannya, ada 23 juta pengguna mondar-mandir di OLX alias naik 23% per tahun. Terutama saat Ramadan ini, traffic pengguna naik pesat di momen-momen tertentu. Menurut Edward, waktu sahur adalah momen di mana OLX mengalami lonjakan kunjungan sampai tiga kali lipat dibanding biasanya.

Ia kemudian menunjukan barang apa saja yang dicari, di mana motor Honda menjadi paling laris diburu. “Jumlah pencariannya selama Ramadan tahun ini mencapai 5,5 juta kali lipat. Baru setelah Honda ada smartphone merek Samsung lalu iPhone. Yang tidak pernah hilang dari pencarian adalah burung. Ramadan tidak Ramadan orang masih banyak yang cari burung,” sambung Edward lagi.

Sejak perubahan tampilan dan tambahan berbagai fitur di platform OLX, banyak bertebaran pro dan kontra. Di kanal media sosial, para pengguna terutama yang sejak lama menggunakan OLX masih merasa nyaman memakai tampilan sebelumnya. Namun di satu sisi tampilan baru menurut pihak OLX untuk menambah fungsi-fungsi baru untuk memudahkan pengguna.

Mereka juga memiliki sedikit tips bagaimana bisa memaksimalkan penjualan barang bekas lewat platform baru tersebut. Salah satu faktor paling penting adalah gambar.

“Kalau misal pasang iklan belum laris setelah lama juga, coba kualitas gambarnya diperbaiki. Salah satu feedback yang masuk ke kami adalah konsumen akan tertarik kalau presentasi gambarnya bagus,” ujar Chief Commercial Officer OLX Indonesia Agung Iskandar.

Faktor harga pasti menjadi kunci lainnya. Maka tidak heran OLX hadir dengan fitur baru untuk menaksir berapa harga sebuah barang. Ketika seseorang baru memasang iklan, akan ada varian harga yang disarankan. Menurut Agung, masyarakat Indonesia memang sangat cukup sensitif terhadap harga. Semakin murah barang, semakin banyak yang tertarik.

Selain itu ada faktor lokasi. Biasanya seseorang mencari barang yang terdekat dulu. Jika tidak ada dia akan memperbesar jangkauan ke area lebih besar. Namun ada dua jenis konsumen seperti ini. Yang pertama adalah mencari barang di daerah paling dekat dulu. Biasanya mereka mencari barang dengan ukuran kecil. Belum ketemu, baru memperbesar jangkauan.

“Yang kedua adalah mencari barang dengan ukuran besar. Pencari barang seperti mobil atau rumah tidak akan menggunakan fitur area terdekat. Mereka akan langsung ketik atau pilih kota karena jangkauannya lebih besar. Wajar, untuk barang dengan harga tinggi mereka akan mencari yang terbaik sehingga jarak tidak terlalu masalah,” tutup Agung.

Most Popular








To Top