Grapeshot Leaderboard
Lifestyle

Mudik ke Yogyakarta, Jangan Lewatkan 10 Destinasi Kuliner Ini

Photo Credits: wisatajogjabackoacker.blogspot.com

Yogyakarta, kota yang kental dengn budaya dan kekayaan alam ini juga menyimpan pesona kuliner yang tak terbantahkan. Yogyakarta merupakan kota yang tak pernah mati soal makanan, termasuk ketika hari lebaran tiba. Berikut ini Marketeers X merangkum 10 destinasi kuliner terbaik di Yogyakarta versi TripAdvisor. So, tunggu apa lagi? Simak informasi ini untuk jadi panduanmu ketika mudik nanti!

Gudeg
Ini dia kuliner khas Yogyakarta, Gudeg. Jika kamu ingin mencicipi Gudeg di kota asalnya, ada berbagai pilihan tempat yang bisa kamu coba, seperti Gudeg Yuk Djum, Gudeg Sagan, hingga Gudeg Bromo di Jalan Gejayan. Jika kamu tak mau bersusah payah, kamu bisa mengunjunvi sentra Gudeg di Wijilan, tepatnya di sebelah timur Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Brongkos
Meskipun belum ada sejarah yang menceritakan secara runtut asal muasal kehadiran Brongkos, namun menu dengan cita rasa khas ini selalu dicari saat Lebaran. Menu sarapan kaum Ningrat Jawa sejak zaman dahulu ini sekilas mirip dengan Rawon. Meski kuah dari kedua menu ini sama-sama coklat, namun kuah Brongkos nampak lebih kental dan gurih. Kamu bisa mencicipi Brongkos di warung Bu Rini yang berdiri sejak 1973. Lokasi warung ini berada persis di sebelah timur Plaza Ngasem atau di Kampung Taman, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Soto Kadipiro
Didirikan oleh Almarhum Karto Wijoyo, kuliner legendaris Yogyakarta ini berdiri sejak 1912 dan telah diwariskan kepada generasi kedua, Widadi Dirjo Utamo. Rasa lezat, gurih, dan sevar dari bumbu-bumbu tradisional hasil dari resep asli Almarhum Karto Wijoyo membuat Soto Kadipiro eksis hingga saat ini. Kini, Soto Kadipiro telah memiliki empat cabang yang tersebar di sepanjang Jalan Wates.

Mie Lethek
Mie Lethek secara harfiah berarti mie “kotor”. Namun, jangan salah kaprah dulu. Meski dinamakan mie kotor, bukab berarti mie ini tidak higienis. Penampilan Mie Lethek yang berwarna kecokelatan karena dibuat dari tepung singkong dan gaplek memberikan tampilan mie yang tak secerah mie lain atau bisa dikatakan nampak kotor. Namun, cita rasa dari mie ini tak perlu diragukan lagi. Bahkan, menu ini merupakan favorit dari Presiden AS Barack Obama saat berkunjung ke Yogyakarta. Kamu bisa menikmati sajiab ini di Warung Bumi, Imogiri, Mangunan, Bantul.

Sate Klatak
Kuliner khas Bantul ini memiliki keunikan yang berbeda dari sate lain. Saat proses pembakaran sate Klatak hanya dibumbui dengan garam saja dan warnanya pun nampak polos. Tidak seperti sate pada umumnya yang dibumbui lengkap dengan bumbu kacang atau kecap manis, Sate Klatak disajikan bersama kuah gule kambing yang kental. Kamu bisa banyak menjumpai kuliner ini di daerah Bantul terutama yang di Jalan Imogiri Timur, Pleret, Bantul. Salah satu warung yang paling hits yang bisa dicoba adalah Warung Pak Pong.

Oseng-oseng Mercon
Bagi para pecinta kuliner pedas, jangan sampai kamu ketinggalan kuliner wajib yang satu ini. Oseng-oseng Mercon terdiri dari nasi putih panas dipadu oseng-oseng super pedas yang memberikan sensasi bak meledak di mulut. Kelezatan kikil bercampur aneka bumbu dapur bisa membuatmu pantang berhenti menyuap. Salah satu Oseng-oseng Mercon paling hits adalah milik Bu Narti yang terletak di Jl. KH Ahmad Dahlan dekat RS PKU Muhammadiyah, Yogyakarta.

Tengkleng Gajah Jakal
Olahan kambing dalam porsi gajah alias dengan potongan tulang berujuran jumbo ini diolah bersama bumbu dan rempah khusus. Hasilnya, olahan ini memiliki citarasa yang khas saat menggoyang lidah. Warung Tengkleng Gajah ini terletak di Dusun Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman. Di sini, kamu tidak hanya bisa menikmati Tengkleng, melainkan juga sate, tongseng, dan nasi goreng kambing. Sekitar 11 menu olahan daging kambing ada di tempat ini.

Walang Goreng
Kuliner yang satu ini terbilang cukup menantang. Pasalnya, kuliner ini terdiri dari sajian belalang yang digoreng. Walang Goreng ini memiliki rasa yang gurih dan renyah dengan kandungan gizi yang tak kalah dibandingkan sumber protein lain, seperti daging sapi. Penjual Walang Goreng banyak dijumpai di sepanjang perjalanan menuju tempat-tempat wisata di Gunung Kidul.

Angkringan Lik Man, Kopi Jos
Menikmati suasana Yogyakarta dengan sekental kopi jos merupakan hal yang patut kamu coba saat berada di Yogyakarta. Angkringan Lik Man yabg tersohor merupakan destinasi yang bisa kamu datangi. Di sini, kamu bisa mencoba Kopi Jos yang merupakan sajian kopi dengan tambahan arang membara yang dimasukkan langsung ke dalamnya. Rasa sengit arang bercampur aroma kopi membuat sensasi ngopi jadi tak biasa. Beragam sajian makanan, seperti nasi kucing, sate kerang, sate usus, sate telur, dan beragam sajian khas angkringan pun disajikan untuk menemani kamu menikmati Kopi Jos ini.

Bakpia
Kuliner Bakpia telah menjadi oleh-oleh yang melegenda dari generasi ke generasi. Oleh-oleh yang tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Yogyakarta ini merupakan kue yang terbuat dari tepung dengan campuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan kulit dari tepung kemudian di panggang. Inovasi pada kuliner Bakpia pun terus bermunculan dengan ragam isian yang tak kalah lezat dengan Bakpia orisinil. Kampung Pathuk merupakan salah satu sentra Bakpia tertua di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Di sini, ada bermacam merek Bakpia legendaris, seperti Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Patuk 75 merupakan legenda dari kampung ini.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top