Opinion

Nasihat Bos Amazon Untuk Anda yang Sering Dikritik

Salah satu orang terkaya di dunia sekaligus pemilik dari perusahaan raksasa Amazon, Jeff Bezos baru-baru ini menyampaikan salah satu tips sukses darinya.

Sebagai salah satu orang tersukes di dunia, Bezos membangun bisnisnya bukan tanpa hambatan. Di setiap inovasi yang dihadirkannya bersama Amazon, tidak pernah lepas dari beragam kritikan, baik yang membangun maupun yang menjatuhkan.

“Ketika Anda membuat sesuatu yang baru dan berbeda maka akan dipahami secara berbeda oleh orang-orang. Tapi, itu tidak apa-apa karena hal itu sebagai bagian dari proses,” ujar Bezos dikutip dari CNCB.com.

Dalam menghadapi kritik tersebut, Bezos menyarankan agar kita memiliki kerangka kerja yang jelas. Termasuk mendengarkan kritikan tersebut, menanyakan hal yang jelas, kemudian mengubahnya sesuai dengan kebutuhan.

“Tanyakan kepada mereka apakah mereka benar, atau kalau mereka tidak sepenuhnya benar, maka akan masih ada sebagian hal yang bisa menginspirasi Anda,” katanya.

Ia mencontohkan kerangka kerja dan pola pikir yang jelas dibutuhkan. Salah satunya ketika tahun-tahun awal Amazon merilis layanan jual beli buku secara online. Saat itu, Amazon memunculkan fitur ulasan produk oleh konsumen.

Namun fitur itu dikritik oleh para pemilik toko buku konvensional dan penerbit. Mereka menilai bahwa Amazon tidak paham pada konsep industri ritel karena menampilkan ulasan yang jelek akan berdampak pada penjualan yang menurun.

“Saya berpikir tidak, mereka salah. Kami tidak mendapatkan uang ketika menjual barang. Kami mendapatkan uang ketika kita membantu orang dalam memutuskan sebuah pembelian. Ini jelas pola pikir yang berbeda,” pungkasnya.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top