Mshop-leaderboard-mobile
Automotive

New SX4 S-Cross, Andalan Suzuki Raih Kue Lebih Besar di SUV

New SX4 S Cross, Andalan Suzuki Raih Kue Lebih Besar di SUV sx4

Pasar sport utility vehicle (SUV) Tanah Air dalam beberapa tahun belakangan terus mengalami pertumbuhan. Memang, untuk tahun ini pasarnya cenderung menurun dibanding tahun lalu. Hingga September 2017, penjualan total SUV di angka 124.054 unit. Sedangkan tahun lalu, di periode yang sama penjualan di segmen ini mencapai 148.065.

Meski begitu, para pemain di industri ini optimistis bahwa segmen ini akan terus tumbuh di masa mendatang. Melihat potensi tersebut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun menghadirkan andalan mereka di segmen ini dengan tampilan yang lebih segar, yakni New SX4 S-Cross. Tampilan dari crossover ini menjadi semakin stylish, premium, dan tangguh.

“Peluncuran New SX4 S-Cross ini karena kami melihat tren pasar SUV, baik global dan dalam negeri, yang terus meningkat. Dan, adanya penyegaran ini merupakan respon terhadap target market model ini yang dinamis. Riset kami menunjukkan bahwa konsumen cenderung memilih tampilan mobil yang stylish dan memiliki beragam fitur, terutama terkait keamanan dan kenyamanan,” kata Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat peluncuran, hari ini (10/11/2017).

Gebrakan SIS di akhir ini tentunya juga melihat track record penjualan SX4 X-over yang terus meningkat sejak hadir kembali di pasar pada akhir tahun 2016. Di tahun pertama peluncuran, model ini memang hanya meraih pangsa pasar 1,1%. Namun, tahun ini, hingga Oktober sudah meraih market share 4%.

“Tahun 2016 itu kami memulai di akhir tahun, sehingga belum maksimal penjualannya. Tahun ini, lonjakannya sangat drastis. Dan, tahun depan kami optimistis bisa meraih pangsa pasar hingga 7% dengan penjualan 500 unit per bulan,” kata Dony Ismi Sahputra, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales.

Ia menambahkan bahwa dengan adanya New SX4 S-Cross, maka model lama resmi dihentikan penjualannya. Namun begitu, bila ada unit yang masih tersedia tetap bisa dibeli konsumen. Sedangkan untuk yang model baru ini, saat ini sudah bisa dipesan oleh konsumen di seluruh diler Susuki.

Mengenai target market, Dony mengatakan bahwa New SX4 S-Cross menyasar para profesional muda. Hal ini berdasarkan riset mereka yang menyatakan bahwa sekitar 62% pembeli crossover besutan Suzuki ini adalah karyawan dengan kisaran usia antara 30-39 tahun.  “Mereka adalah keluarga modern yang proporsinya mencapai 84%. Lalu, sekitar 45,7%-nya merupakan keluarga dengan 2 anak atau 4 anggota keluarga,” tambah Dony.

Tampilan Baru

Kesan premium ini dari New SX4 S-Cross langsung terlihat dari desain new chrome grille yang tegas dengan paduan LED projector headlamp. Lalu, disemati pula dengan daytime running light (DRL) pada headlamp-nya. Seperti pendahulunya, model ini juga dilengkapi lampu kabut yang dihiasi chrome bezel.

Secara body, model baru ini tampil lebih besar dan tinggi dengan dimensi lebar 1.785 mm dan tinggi 1.595mm. Dengan radius putar 5,5 m yang membuatnya terlihat lebih tangguh. Profil bannya pun juga lebih besar, yaitu 215/60 R16.

Di sisi interior, sudah dilengkapi dengan leather seat yang tampil mewah. Berpadu dengan audio garnish, AC louver, door garnish, dan center console garnish dengan warna satin plating.  Perpaduan ini membuat New SX4 S-Cross menjadi premium crossover pilihan.

Sistem perseneling mengusung sistem paddle shift yang bisa memberikan akselerasi torsi yang lebih tinggi. New SX4 S-Cross menggunakan mesin 1.491 cc VVT DOHC menghasilkan power maksimum 109 ps/6000 rpm. Untuk transmisi, varian matik hadir dengan 6-percepatan, sedangkan manual 5-percepatan. Keduanya menghasilkan akselarasi yang responsif dan efisien bahan bakar.

New SX4 S-Cross ditawarkan dengan harga Rp 268.850.000 untuk transmisi otomatis dan RP 256.000.000 untuk transmisi manual. Semua harga on the road (OTR) Jakarta. Anda Berminat?

Most Popular








To Top