Media

Nielsen: Efektivitas Media OOH Capai 66%

Riset terbaru Nielsen Consumer Media & View di 11 kota menemukan bahwa lebih dari dua pertiga (67%) konsumen menghabiskan waktu 4 jam dan 33 menit di luar rumah pada hari-hari kerja. Di area Jabodetabek waktu tersebut bahkan lebih tinggi, yang mana rata-rata konsumen menghabiskan 4 jam 45 menit. Saat beraktivitas di luar rumah, rata-rata konsumen menghabiskan waktu 1 jam dan 18 menit di perjalanan.

Temuan tersebut memperlihatkan potensi peluang yang besar bagi para pemilik merek untuk memaksimalkan penggunaan media luar ruang dalam mempromosikan produk mereka. Studi Nielsen CMV juga menunjukkan tingginya jangkauan media luar ruang, yaitu mencapai 66%.

Dilihat dari jenisnya, format Static Outdoor mencapai jangkauan tertinggi yang mana 64% konsumen menyatakan bahwa mereka melihat iklan di media tersebut dalam satu minggu terakhir sebanyak 10 kali.  Berikutnya yang menarik perhatian konsumen adalah jenis media luar ruang yang bergerak seperti iklan di  sarana transportasi publik (45%) dan di mobil pribadi (32%); dan 16% konsumen menyatakan bahwa mereka melihat iklan yang dipasang di dalam gedung (perkantoran atau perbelanjaan).

Jika dibandingkan dengan Jabodetabek, jangkauan iklan pada sarana transportasi umum di Medan dan Makassar lebih tinggi,  mencapai lebih dari 50%. Di Makassar sendiri iklan yang dipasang di dalam gedung menjangkau lebih dari 30% konsumen jika dibandingkan dengan Jabodetabek. “Dari analisis  kami atas tiga kota (Jabodetabek, Medan dan Makassar) kami melihat bahwa ada perbedaan preferensi konsumen.” tutur Hellen Katherina, Executive Director Media, Nielsen Indonesia.

“Contohnya, selain pada format static outdoor, iklan pada media luar ruang bergerak juga dapat menjangkau konsumen di Medan dan Makassar. Sementara itu khususnya di Makassar, iklan di dalam gedung mendapat perhatian yang cukup besar dari konsumen,” jelas Hellen.

Dari sisi profil konsumen juga terlihat perbedaan antara mereka yang melihat iklan media luar ruang (selain di dalam gedung) dengan yang iklan di dalam gedung. Iklan di dalam gedung lebih banyak dilihat oleh perempuan dengan rentang usia 10 – 29 tahun dari kelas sosial Atas. Sementara itu, iklan di media luar ruang selain yang di dalam gedung lebih banyak dilihat oleh pria dengan rentang usia 30 – 49 tahun.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top