Lifestyle

Nikmati Wisata Halal di Gunung Fuji

Sumber: 123RF

Wisata halal semakin berkembang di Jepang. Sebagai salah satu negara destinasi wisata dunia, Jepang memiliki jumlah wisatawan yang terus meningkat setiap tahunnya, termasuk dengan wisatawan Muslim. Tidak heran jika negara ini terus meningkatkan fasilitas untuk mengembangkan wisata halal.

Salah satunya adalah masyarakat Perfektur Yamanashi yang terletak di bagian utara Gunung Fuji. Daerah ini termasuk dalam daerah yang banyak didatangi oleh wisatawan mancanegara. Perfektur Yamanashi menjadi salah satu pintu masuk menuju Gunung Fuji. Dilansir dari The Japan News, banyak wisatawan dari Malaysia dan Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan mayoritas Muslim mengunjungi daerah ini. Hal ini mendorong masyarakat untuk mengembangkan wisata halal di kawasan utara Gunung Fuji.

Menurut pemerintah daerah Perfektur Yamanashi, pada tahun 2018, terdapat 47.990 wisatawan Indonesia dan 42.680 wisatawan Malaysia yang datang. Rata-rata dari mereka menginap untuk jangka waktu yang cukup lama, lebih dari dua hari. Angka ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sebanyak 18% untuk wisatawan Indonesia dan 55,5% untuk wisatawan Malaysia dibandingkan dengan jumlah wisatawan dari kedua negara pada tahun 2017.

Mendukung hal ini, taman bermain Fuji-Q Highland di Fujiyoshida membuka Musholla atau ruang ibadah untuk pertama kali pada Senin (04/02/2019) lalu. Ruangan ini dilengkapi dengan penunjuk arah kiblat dan  ruang berwudhu. “Ruangan ini dapat meningkatkan level kepuasan dari pengunjung Muslim kami,” ujar perwakilan dari Fuji-Q Highland.

Tidak hanya itu, beberapa restoran di kawasan utara Gunung Fuji juga mulai menyediakan makanan halal. Oshino Shinobi no Sato, sebuah restoran yang mengusung tema ninja mendapatkan sertifikasi halal dari otoritas setempat pada Jumat (15/02/2019). Restoran ini tidak menyediakan dan menggunakan babi dan alkohol pada makanannya. Sementara itu, restoran Sylvans menawarkan “Muslim Welcome BBQ”, yang menggunakan daging bersertifikat halal pada menunya.

“Pada tahun 2020, kami akan menyelenggarakan Tokyo Olympics, kami akan kedatangan semakin banyak wisatawan Muslim yang menginginkan makanan halal. Hal ini terus mendorong kami untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan membentuk Perfektur Yamanashi sebagai destinasi wisata internasonal,” tutup Harunobu Kayanuma, General Manager Sylvans.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top