Technology

Nokia Siap Kembali dengan Tujuh Varian Smartphone

Nokia Siap Kembali dengan Tujuh Varian Smartphone NOKIA
Kredit foto: 123RF

Apa kabar Nokia? Perusahaan asal Finlandia tersebut merajai pasar ponsel, kala itu belum smartphone, di era 2000-an. Kehadiran Apple dengan iPhone-nya dan smartphone berbasis Android sudah rahasia lagi ikut andil membuat Nokia menyerah di pasar smartphone sampai akhirnya divisi perangkat keras mereka diakuisisi oleh Microsoft, yang juga tidak bisa mengangkat pamor Nokia.

Setelah hanya fokus di bidang perangkat lunak, Nokia siap kembali dengan merilis smartphone lagi di bawah naungan perusahaan bernama HMD Global. Namun, rupanya Nokia tidak mau mengulang kesalahan lagi dengan menggunakan sistem operasi Windows karena sekarang Android menjadi pilihan mereka.

Memang sudah banyak kabar bahwa come back-nya Nokia sejak tahun lalu, di mana akan ada sekitar lima varian smartphone dirilis ke pasaran. Namun seperti dikutip dari NDTV, bukan lima, melainkan akan ada enam sampai tujuh varian diluncurkan sepanjang 2017 ini dimulai dari kuartal kedua. Selain smartphone, feature phone juga masih akan tetap jadi andalan Nokia.

Di kuartal kedua nanti, kabarnya akan ada dua smartphone meluncur. Sementara sisanya akan hadir di sisa tahun. Kabar ini muncul ke publik setelah ada kebocoran dari dokumen distributor HMD Global asal Malaysia yang menyatakan Nokia akan sangat agresif merilis sampai tujuh varian smartphone.

Perangkat pertama yang kemungkinan akan meluncur adalah Nokia D1C. Perangkat kelas menengah dengan ukuran layar 5 sampai 5,5 inci dengan sistem operasi terbaru Android Nougat. Ada lagi perangkat bernama Nokia E1 yang juga menyasar pasar kelas menengah.

Kedua perangkat akan diperkenalkan di ajang Mobile World Congress di Barcelona pada 27 Februari sampai 2 Maret 2017 mendatang. Untuk flagship mereka, konon ada Nokia P yang juga akan diperkenalkan di MWC 2017 namun baru akan rilis setelahnya. Salah satu yang digadang-gadang oleh perangkat high end tersebut adalah selain prosesor tinggi terbaru, akan hadir juga kamera dengan lensa dari Zeiss.

Lensa ini sudah menemani produk smartphone Nokia sebelum-sebelumnya, di mana sektor kamera menjadi keunggulan dibanding smartphone mereka lain. Artinya selain mengandalkan software Android, Nokia tampaknya akan menjadikan kamera mereka sebagai keunggulan dibanding kompetitor seperti Apple dan Samsung. Selain ketiga seri di atas, konon akan ada juga Nokia Edge dengan layar lengkung seperti Galaxy S7 Edge.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top