Consumer Goods

Orang Indonesia Habiskan Lebih dari 4 Menit di Situs Online Shop

Tahukah Anda, berdasarkan laporan Digital In 2017 Growth Overview menyatakan secara statistik, masyarakat Indonesia menghabiskan waktu sekitar 3 jam 16 menit per hari untuk media sosial. Tentunya, ini bukan waktu yang sedikit, lantas berapa waktu yang digunakan masyarakat untuk mengunjungi online shop?

Berdasarkan riset yang dirilis oleh iPrice Group berdasarkan 30 e-commerce  dan marketplace platform ditemukan data bahwa rata-rata konsumen Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 4 menit 9 detik dalam sekali kunjungan ke situs belanja online.

Situs belanja online seperti Shopee, Mapemall, dan Berrybenka mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di situs mereka selama lebih dari 5 menit. Rata-rata waktu kunjungan Shopee adalah 9 menit 34 detik, Mapemall sebanyak 8 menit 2 detik, dan Berrybenka menyusul di bilangan 6 menit 39 detik. Sedangkan dari daftar 30 toko online tersebut, waktu paling singkat yang dihabiskan pengguna saat mengunjungi toko online adalah 1 menit 45 detik.

Rata-rata waktu kunjungan pengguna (average time on site) sering digunakan untuk mengukur seberapa bagus konten yang terdapat dalam sebuah website. Tidak heran, kan, bila masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan 3 jam lebih dalam satu hari untuk bermain media sosial. Hal ini dikarenakan konten-konten menarik yang selalu disuguhkan oleh platform tersebut.

Search engine Bing menyatakan rata-rata waktu kunjungan website dianggap baik jika pengguna menghabiskan waktu paling tidak semenit atau dua menit. Rata-rata time on site yang cukup tinggi juga menandakan ketatnya persaingan e-commerce di Indonesia. Kini masing-masing toko online berlomba-lomba menarik kunjungan pelanggan dengan menyuguhkan konten yang relevan dengan tujuan terjadi transaksi online di situs mereka.

“Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi “time on page” sebuah situs belanja online. Yang utama adalah konten website itu sendiri. Konten ini bisa berupa tampilan mulai dari desain, foto dan copywrite yang relevan, dan tentunya ragam pilihan produk yang disediakan,” ujar Indah Mustikasari, Conten Marketer dari iPrice Group.

Peringkat pertama adalah Shopee, salah satu kelebihan Shopee adalah jumlah dan ragamnya produk dengan harga yang bersaing. Banyaknya produk membuat pengguna dengan leluasa mencari-cari barang yang diinginkan hingga akhirnya melakukan transaksi. Banyaknya produk Shopee juga akibat pertumbuhan seller yang kian hari semakin banyak untuk menawarkan barang dagangan bagi konsumen. Selain itu promosi ongkos kirim gratis juga disinyalir menarik pengguna untuk datang dan melihat-lihat barang yang diinginkannya di website Shopee.

“Selain faktor teknis, strategi promosi dan juga gimmick marketing juga berpengaruh meningkatkan waktu kunjungan pengguna. Misalnya promo gratis ongkir atau promo event, tentu membuat pengguna ingin memanfaatkan momen tersebut yang berujung dengan lamanya waktu kunjungan mereka,” pungkas Indah.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top