Technology

Panel Surya Solusi Hemat Tagihan Listrik

Sumber: Marketeers

Sebagian besar listrik yang saat ini digunakan oleh masyarakat Indonesia dihasilkan dari energi tidak terbarukan. Energi tersebut berasal dari bahan tambang. Dan, seperti diketahui banyak kerusakan alam terjadi karena eksploitasi tambang. Mengikuti kemajuan teknologi, tidak sedikit orang yang berusaha mencari alternatif penghasil energi.

Salah satu yang cukup sering didengar adalah tenaga solar (cahaya matahari). Untuk pengolahannya sendiri diawali dengan memasang panel surya terlebih dahulu. Energi ini dipercaya lebih bersih dibandingkan energi yang dihasilkan dari sumber tak terbarukan.

“Selain energi yang lebih bersih, tagihan listrik juga tidak mahal. Dengan penggunaan panel surya, rumah tangga dapat menghemat hingga 50%. Namun sayang, di Indonesia kurang dari 500 rumah memasang panel surya. Jumlah tersebut tertinggal jauh jika dibandingkan dengan Thailand dan Singapura,” ujar  Co-Founder EnergiHub Dery Marsan di Jakarta Marketing Week 2019, Rabu (24/4/2019).

Kebanyakan rumah tangga di Indonesia masih takut untuk menggunakan panel surya di rumah. Mereka masih mengkhawatirkan biaya pemasangan. Padahal dalam praktiknya, penggunaan listrik akan menjadi lebih hemat.

Panel surya akan tetap menghasilkan listrik bahkan ketika cuaca sedang tidak cerah. Karena pada panel surya terdapat teknologi sinar difuse. Sehingga, tetap menghasilkan energi meski tidak sebanyak seperti ketika cuaca cerah.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top