SMEMBA 2018 Leaderboard
Finance

Panin Super Bonanza 2018, Jurus PaninBank Raih Nasabah Baru

PaninBank, merupakan salah satu bank terbesar di negara ini. Secara aset, bank ini berada di urutan ketujuh. Hingga akhir tahun 2017,  PaninBank memiliki total aset konsolidasi hingga Rp 213, 55 triliun.

Sampai kuartal III 2017, bank ini mencatat laba bersih konsolidasi sebesar Rp 2,19 triliun. Perolehan laba juga meningkat hingga 22,39% dibanding periode yang sama tahun 2016. Secara keseluruhan kinerja bank ini tumbuh positif di tahun lalu.

Saat ini, PaninBank mengelola Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 142,65 triliun. Sekitar 40% dari DPK tersebut berupa Tabungan dan Giro (CASA). Sedangkan khusus untuk produk Tabungan Panin nilainya mencapai Rp 29,8 triliun atau 25% dari DPK rupiah PaninBank. Untuk terus menggenjot pendapatan, salah satu strategi bank ini adalah dengan mendongkrak nasabah tabungan, baik secara kuantitas maupun value.

Bagaimana cara PaninBank menarik nasabah baru dan meningkatkan nilai tabungan? Bisa dikatakan, bank ini telah memiliki strategi ampuh, yakni menggelar undian berhadiah untuk nasabahnya. Sehingga, tahun ini PaninBank kembali meluncurkan program Panin Super Bonanza 2018 untuk yang ke-15 kalinya.

“Sudah terbukti, selama ini undian tabungan berhadiah menjadi daya tarik kuat. Mendorong masyarakat untuk membuat rekening. Tidak hanya itu, juga memacu orang untuk meningkatkan nilai tabungannya,” kata Herwidayatmo, Presiden Direktur PaninBank, saat meluncurkan program ini, di Jakarta, hari ini (09/03/2018).

Ng Kean Yik, Direktur Perbankan Ritel PaninBank menambahkan bahwa Panin Super Bonanza memang terbilang berhasil meningkatkan jumlah nasabah. Tahun lalu, berkat adanya program undian tabungan berhadiah ini, PaninBank meraup nasabah baru hingga 160 ribu nasabah.  “Tidak hanya itu, hampir semua nasabah baru tersebut juga sudah langsung menggunakan mobile banking yang baru kami luncurkan tahun lalu,” katanya.

Panin Super Bonanza 2018

Di gelaran Panin Super Bonanza 2018 ini, PaninBank mengusung tagline baru, yakni #sama tapi beda. Menurut Herwidayatmo, tagline ini juga untuk menunjukkan bahwa PaninBank berbeda dengan yang lain. “Kami juga menerapkan teknologi terkini di beragam lini bisnis, namun tetap menjaga relasi secara personal dengan nasabah,” katanya.

Lalu, juga menegaskan bahwa produk-produk tabungan, giro, dan deposito dari PaninBank memiliki karakter yang berbeda dengan yang lain.  Misalnya, untuk Tabunganku nasabah bisa memperoleh keuntungan bebas biaya administrasi bila saldo di rekening memenuhi syarat yang ditetapkan. Dan, tentunya bunga menarik dan hadiah besar yang ditawarkan yang menjadi pembeda.

Terkait dengan program undian ini, tagline tersebut juga ingin menyampaikan bahwa ada yang berbeda dari Panin Super Bonanza 2018 kali ini dengan yang sebelum-sebelumnya. Tahun ini, PaninBank menyediakan uang tunai sebesar Rp 8 miliar, 36 unit Mercedes-Benz tipe GLC dan 1056 unit Honda PCX.

Mengapa PaninBank memilih dua merek tersebut sebagai hadiah? Secara ringkas, kedua merek tersebut merupakan simbol kemewahan di industrinya masing-masing. Mercedes-Benz adalah merek premium yang menjadi idaman banyak orang.

“Kami senang bekerjasama dengan PaninBank. Di periode ini, kami mengajukan tipe GLC sebagai hadiah di Panin Super Bonanza 2018, karena tipe ini memiliki ground clearance tinggi yang tepat untuk wilayah mana saja. Mengingat, nasabah PaninBank tersebar di seluruh Indonesia,” kata Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation & Product Management MBC PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Tidak hanya itu, Kariyanto bahkan menegaskan bahwa kendaraan Mercedes-Benz yang akan diberikan ke pemenang itu adalah special edition. Kendaraan yang diundi memiliki warna biru dan merah yang mana warna itu tidak ada di pasaran. “Mobil untuk pemenang Panin Super Bonanza tidak dijual untuk umum,” tegas Kariyanto.

Demikian pula dengan Honda PCX, motor matik ini merupakan model premium di kelasnya. Ada kesamaan karakter antara konsumen motor ini dengan nasabah PaninBank. “Kami senang bekerjasama dengan PaninBank. Ini merupakan pertama kali kami terlibat di Panin Super Bonanza,” kata Andy Wijaya, Senior Manager Marketing Communication Marketing Planning & Analysis Division PT Astra Honda Motor.

Setiap tahunnya, Panin Super Bonanza mendapat respon positif dari nasabah. Untuk mengikutinya pun mudah. Bila memiliki rekening dengan tabungan senilai Rp 10 juta selama periode pengundian berpotensi untuk memperoleh Honda PCX. Sedangkan yang mendapatkan Mercedes-Benz, saldo minimal harus Rp 100 juta, dan untuk hadiah uang tunai, saldo minimal Rp 500 juta.

“Kami harapkan adanya Panin Super Bonanza 2018 ini dapat meningkatkan tabungan hingga 50% dari total DPK,” pungkas Herwidayatmo.

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top