Retail & Property

Pasar Membaik, Tepatkah Bila Membeli Properti Sekarang Ini?

Properti merupakan satu hal yang paling sering didambakan oleh semua orang. Berdasarkan data dari Rumah123.com mengenai data para konsumen di tahun 2018, harga rumah yang diminati berkisar lima ratus juta sampai dengan satu milyar rupiah.

Sementara untuk lokasi, tiga area pencarian yang meningkat di Jabodetabek ada di beberapa kota Depok, Tangerang, dan Bogor. Menariknya pencarian properti di kawasan Kota Surabaya meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumya.

Ignatius Untung selaku Country General Manager Rumah123.com menilai tahun 2019 diprediksi akan berat oleh para pelaku industri properti. Namun, bila dilihat kebelakang selama 2018 tren industri properti semakin membaik. Karena itu, para pencari properti justru disarankan untuk melakukan pembelian pada tahun 2019. Pasar Properti yg masih melambat sejak tahun 2015 membuat harga properti terlihat lebih terjangkau dibandingkan beberapa tahun sebelumnya memperkuat alasan mengapa saat ini adalah waktu yang tepat untuk beli properti.

“Hal ini dapat dilihat pada tren tahun 2018 yang mana pencarian rumah tidak turun di bulan-bulan yang terdahulu dianggap bukan bulannya properti seperti pada periode Juni-Juli bulannya anak sekolah dan juga bulannya lebaran,” tambah Untung.

Hal menarik lainnya berdasarkan data dari Badan Kebijakan Fiskal (BKF), sektor konstruksi, dan sektor real estate diperkirakan tetap tumbuh stabil sejalan dengan kemajuan investasi bangunan serta keberlanjutan penyediaan infrastruktur, dan program-program perumahan rakyat. Alasannya, penerimaan sektoral properti meningkat 6,9% dari tahun 2017 ke tahun 2018.

Pemerintah dipastikan akan memberikan dukungan besar pada tahun 2019 dengan adanya infrastruktur yang semakin membaik diberbagai area. Kebijakan LTV dari Bank Indonesia yang membuat bunga KPR masih dalam presentase yang terbilang bersahabat dapat memudahkan para konsumen properti melakukan pembelian. Kemudahan dan juga bonus yang semakin beragam dari para pengembangan pada tahun 2019 adalah kesempatan untuk para pencari properti untuk melakukan pembelian.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top