Finance

PasarPolis, Pelopor e-Commerce Asuransi di Indonesia

Dunia e-commerce yang kian propektif membuat banyak pemainnya bermunculan. Para pemain ini menggarap pasar tersebut dengan beragam produk dan segmen yang dibidik. Salah satunya, PasarPolis.com. PasarPolis.com merupakan portal e-commerce pertama yang menyediakan beragam produk asuransi melalui kemitraan. Dalam hal ini, PasarPolis bukanlah sebagai agen.
 
“PasarPolis hadir untuk memberikan informasi. Masyarakat dapat membandingkan secara langsung penawaran dari para perusahaan asuransi besar dan terpercaya di Indonesa. Saat ini, sudah lebih dari 13 perusahaan yang bergabung. Selain itu, kami juga menyediakan jasa konsultasi yang netral kepada masyarakat yang ingin membeli polis asuransi. Baik itu asuransi jiwa, kendaran, pendidikan, hingga asuransi lainnya. Kami memilih platform digital karena melihat potensi yang besar, khususnya untuk e-commerce ke depannya,” ujar Cleosent Randing, Founder PT PasarPolis Indonesia  di Jakarta, Selasa (03/03/2015).
 
Jika melihat kondisi dunia asuransi, penetrasi asuransi di Indonesia belum merata dan terbilang minim. Khususnya, jika dibandingkan dengan total populasi yang mencapai 250 juta jiwa. Edi Yoga Prasetyo, Head of Emerging Consumer Allianz Indonesia,  menyatakan  penetrasi asuransi baru sekitar 7 sampai 10% dari total populasi masyarakat Indonesia.
 
“Jika kita bagi populasi ini ke dalam dua taraf ekonominya, 40% konsumen yang berada di atas, sudah cukup tersentuh oleh para agen asuransi. Namun, mayoritas masyarakat yang berada di 60% di bawah masih belum tersentuh. Berbagai kendala menjadi pemicu. Melalui PasarPolis ini bisa menjadi jawaban untuk menyisir mass market ini,” ujar Yoga.  
Edukasi gencar dilakukan agar masyarakat semakin melek asuransi. Namun, edukasi tersebut masih menemui banyak kendala, khususnya kendala geografi yang menyangkut daerah-daerah di luar perkotaan. Untuk itu, platform e-commerce milik PasarPolis bisa menjadi jawaban.
 
Cleo menambahkan, untuk memaksimalkan promosi PasarPolis, pihaknya akan banyak bermain di dunia digital. Cleo akan memanfaatkan peran mesin pencari, seperti Google, Yahoo!, dan sebagainya. Mereka akan bermain promosi sejenis Google Ads. Meski begitu, Cleo juga akan sedikit bermain di ranah offline. Untuk itu, PasarPolis akan diperkuat dengan dana US$ 1 juta dalam satu tahun.
 
Proporsinya, 40% akan digunakan untuk upaya digital marketing. 30% untuk membangun teknologi di platform mereka. Dan, 30% sisanya akan digelontoran untuk membangun tim yang andal. Target terbesar PasarPolis pada tahun ini adalah menggandeng seluruh perusahaan asuransi besar dan terpercaya di Indonesia hingga kuartal tiga. 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top