Mshop-leaderboard-mobile
Automotive

Pelajaran Marketing dari Konsumen Pertama BMW i8

Penyerahan BMW i8 Protonic Red

BMW Group Indonesia baru saja menyerahkan unit pertama dari BMW i8 kepada konsumen Indonesia. Diperkenalkan sejak tahun 2014 sebagai mobil konsep, mobil hybrid (bbm – listrik) teranyar dari BMW ini pun membuka penjualan sejak tahun lalu, dan hari ini pembeli pertamanya menerima produk ini.

Sonny Kastara Dhaniswara adalah orangnya. Pria yang merupakan Ketua Umum Asosiasi Android Indonesia (Asanda) ini pun membawa pulang adalah BMW i8 Protonic Red Edition. Sebuah edisi paling spesial dari BMW i8 karena hanya ada satu di Indonesia. Menariknya, proses keputusan pembelian yang dialami Sonny cukup panjang dan unik.

“Saya melihat BMW i8 pada tahun 2014 saat masih berbentuk mobil konsep. Saat itu, saya katakan pada diri sendiri kalau saya harus memiliki mobil ini. Apalagi BMW i8 juga digunakan Tom Cruise di film Mission Impossible 4. Meskipun saya tidak bisa seganteng Tom Cruise, tapi saya harus bisa memiliki mobil ini,” ujar Sonny Kastara di acara penyerahan kunci unit BMW i8 Protonic Red Edition, di Jakarta, Kamis (20/4/2017)

Sonny juga merasa bangga karena sudah bisa mengalahkan Tom Cruise. Sebab Tom Cruise hanya sekedar mengendarai BMW i8 di dalam film, sementara dirinya bisa memiliki langsung, bahkan memiliki edisi khususnya. Sonny pun mengaku bahwa dirinya selalu mengikuti informasi, membaca, dan melihat BMW i8 di berbagai pameran.

“Saya rasa BMW i8 merupakan mobil yang spesial. Ini merupakan sinergi yang sempurna dari desain dan teknologi. Saya itu orangnya sangat suka dengan mobil, tapi belum pernah merasa sesuka ini. Apalagi yang saya terima adalah satu-satunya di Indonesia,” ujar Sonny.

Mobil milik Sonny memang beda dengan BMW i8 lainnya. Hal pertama yang paling mencolok adalah perpaduan warna protonic red yang secara eksklusif hasil karya para desainer BMW ditambah dengan aksen silver. Kombinasi warna ini juga diperkuat dengan tampilan pelek 20 inci BMW W-Spoke yang menggunakan warna aluminium matt.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur BMW Laser Light. Lampu ini mampu menghasilkan tingkat pencahayaan pada high beam mencapai 600 meter, sedangkan i8 biasa hanya 300 meter. Meski begitu konsumsi dayanya lebih kecil 30 persen lampu LED konvensional serta lebih ringan.

Di Indonesia, BMW i8 dibanderol seharga Rp 3.549.000.000 (off the road). Sementara BMW i8 edisi spesial milik Sonny ini kabarnya dibanderol sekitar Rp 500 juta lebih mahal. Lantas, pelajaran apa yang bisa diambil dari produk premium ini?

“Hal pertama yang kami bangun dari mobil ini adalah produk yang mengesankan. Selanjutnya kami berikan berbagai nilai tambah. Salah satunya adalah dengan pendekatan ke gaya hidup penggunanya melalui BMW i Pure Impulse Experience Progamme,” jelas Corporate Communication Specialist BMW Group Indonesia Ismail Ashlan

Dengan program ini, BMW akan memberikan akses eksklusif kepada pengguna BMW i ke berbagai event BMW i, baik di dalam maupun luar negeri. Para pemegang kartu BMW i Pure Impulse juga akan mendapatkan penawaran menarik di hotel-hotel mewah pilihan, restoran kelas dunia, dan galeri seni terkenal di seluruh dunia.

Selain itu, bisa kita lihat bahwa perjalanan yang dialami oleh Sonny adalah perjalanan yang panjang. Kanal-kanal seperti pameran, placement di film layar lebar, publikasi media, dan aktivitas digital memegang peranan penting dalam memengaruhi Sonny untuk membeli mobil mewah ini.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top