Resource & Energy

Pelindo 1 Luncurkan Sistem Digitalisasi Operasi Terminal

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menggelar Grand Go Live Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) di Kantor Pusat Pelindo 1 Medan pada Rabu, 2 Januari 2019.  IGMT Pelindo 1 adalah sebuah sistem operasi terminal multipurpose yang multifungsi, mudah disesuaikan, dapat dioperasikan melalui berbagai perangkat pintar dan terintegrasi dengan sistem eksternal dan internal Pelindo 1.

IGMT merupakan implementasi front end yang sukses diterapkan di 70 pelabuhan di seluruh dunia dan pertama kali diterapkan di Asia Tenggara oleh Pelindo 1. Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana menerangkan bahwa Pelindo 1 akan menerapkan aplikasi front end yang akan diimplementasikan di 14 cabang Pelindo 1 yang dibagi dalam tiga fase.

“IGMT Pelindo 1 ini merupakan sistem operasional baru yang akan diterapkan di cabang pelabuhan milik Pelindo 1. Penerapan IGMT Pelindo 1 untuk fase pertama, yaitu Cabang Pelabuhan Dumai, Malahayati, dan Sibolga yang kemudian akan dilanjutkan untuk cabang-cabang pelabuhan milik Pelindo 1 lainnya. Fase kedua akan diterapkan di cabang pelabuhan Tanjung Pinang, Pekanbaru, Lhokseumawe, Gunung Sitoli. Sungai Pakning, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, Kuala Tanjung, Tembilahan, dan Batam serta fase ketiga adalah cabang pelabuhan Belawan,” terang Bambang Eka Cahyana.

Bambang Eka Cahyana menambahkan penerapan aplikasi IGMT Pelindo 1 ini memudahkan para pengguna jasa untuk dapat mengajukan permintaan secara online kapan saja dan dimana saja yang terintegrasi dengan sistem internal dan eksternal di Pelindo 1, pantauan kegiatan operasional secara real time, pengecekan kegiatan operasional terkontrol, dan pelayanan jasa kepelabuhanan di Pelindo 1 yang terstandarisasi.

“IGMT Pelindo1 merupakan salah satu bentuk transformasi digital yang dilakukan oleh Pelindo 1 untuk terus berinovasi serta menjawab tantangan zaman yang semakin modern. Pelindo 1
terus melakukan perubahan di sisi pelayanan dan operasional untuk menjawab kebutuhan para pemangku kepentingan,” jelas Bambang.

IGMT ini mengintegrasikan sistem pelayanan jasa kepelabuhanan bagi pengguna jasa secara daring di semua cabang pelabuhan. Keuntungan penggunaan IGMT Pelindo 1 adalah pengajuan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, kontrol dapat dilakukan 24 jam, monitoring status pelayanan jasa kepelabuhanan secara daring, serta pranota dan nota dapat dilihat di Web Portal tanpa harus datang ke kantor Pelindo 1.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top