Transportation & Logistic

Pelindo 1 Optimalkan Layanan Selama Libur Akhir Tahun

Selama libur Natal dan Tahun Baru 2019 PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyiapkan pelayanan dengan melakukan pembenahan dan peningkatan fasilitas layanan di seluruh terminal penumpang yang dikelola oleh Pelindo 1.

“Seluruh Terminal Penumpang milik Pelindo 1 saat ini sudah dilakukan pembenahan dan dilengkapi dengan fasilitas modern. Seperti di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang yang sudah menerapkan sistem pelayanan e-berthing untuk pelayanan tambatan kapal, serta e-money dan e-pass untuk sistem transaksi online. Sistem ini merupakan pilot project untuk transaksi non tunai yang pertama kali diterapkan di seluruh terminal penumpang di pelabuhan Indonesia,” jelas Fiona Sari Utami, VP Public Relations Pelindo 1.

Selain itu, pembenahan sarana dan fasilitas juga sudah dilakukan di Terminal Penumpang Pelabuhan Dumai, Terminal Penumpang Teluk Nibung di Tanjung Balai Asahan, Terminal Penumpang Sibolga dan Teminal Penumpang Bandar Deli Belawan yang sudah dilengkapi dengan 2 (dua) unit garbarata, untuk memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya.

“Keseluruhan terminal penumpang ini sudah memiliki arsitek bangunan yang lebih modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, guesthouse, ruang tunggu VIP dan ekonomi, ruang ibu menyusui, balai kesehatan, ruang merokok, kantin, ruang kedatangan dan anjungan, ruangan shalat, toilet, tanda bahaya (alarm), tata suara (sound), pemadam kebakaran, alat penyelamat kecelakaan di air (pelampung) dan fasilitas automatic gate,” jelas Fiona.

Selain itu, Pelindo 1 juga fokus melakukan pemantauan pada delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan milik Pelindo 1, yaitu Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Bengkalis, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang dan Sei Kolak Kijang.

Ada beberapa kebijakan pelayanan penumpang yang diterapkan seperti, tidak akan melayani penjualan tiket dan pas pelabuhan di terminal dan tidak mengizinkan penumpang yang tidak memiliki tiket untuk masuk ke ruang terminal.

“Kunjungan kapal penumpang juga akan mendapatkan prioritas sandar di terminal penumpang dan di luar terminal penumpang, jika ada kunjungan kapal secara bersamaan,” ujar Fiona.

Tim monitoring dan pelayanan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 ini akan bertugas pada H-24 hingga H+14, yaitu mulai tanggal 1 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

“Kami tidak hanya memastikan kesiapan seluruh fasilitas, tapi kami juga memastikan keamanan dan keselamatan penumpang melalui koordinasi dengan pihak regulator,” tegas Fiona.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top