Grapeshot Leaderboard
Automotive

Penjualan Mitsubishi Fuso Tumbuh Gemilang 28,2% di Kuartal I-2018

Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso, berhasil menorehkan prestasi gemilang di kuartal I tahun 2018. Pada periode Januari – April 2018, Mitsubishi Fuso terjual hingga 16.721 unit. Tumbuh sekitar 28,2% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dengan perolehan tersebut, Mitsubishi Fuso pun menguasai pangsa pasar 45,4%. Sedangkan di segmen light duty truck (LDT), Colt Diesel berhasil mendominasi pasar dengan penguasaan hingga 60%. Kendaraan ini terjual hingga 14.740 unit di kuartal I tahun ini.

“Peningkatan ini tak lepas dari kinerja positif setiap produk Mitsubishi Fuso dalam menjawab kebutuhan pasar. Terlebih lagi, di tahun 2018 ini mulai membaik dan membawa harapan positif bagi pasar kendaraan niaga. Hal ini berkat gencarnya pembangunan infrastruktur Indonesia,” kata Duljatmono, Direktur Sales & Marketing PT KTB.

Seperti disebut Duljatmono, pada kuartal I lalu, permintaan kendaraan niaga seluruh merek secara total berhasil meningkat 30% dibanding periode yang sama tahun lalu. Secara penjualan mencapai 36.844 unit. Segmen LDT menjadi kontributor terbesar dengan menyumbang hingga 24.515 unit. Dan, di segmen ini LDT Mitsubishi Fuso, yakni Colt Diesel menjadi pemimpin pasar.

Di segmen medium duty truck (MDT), penjualan Mitsubishi Fuso juga mengalami peningkatan siginifikan. Bila di periode Januari – April 2017 terjual 1.096 unit, pada periode yang sama di tahun ini MDT keluaran Mitsubishi Fuso laris hingga 1.922 unit.

Menurut Duljatmono, sektor logistik memberikan kontribusi terbesar. Namun, yang menjadi pendorong terbesar pada peningkatan ini adalah sektor perkebunan, terutama kelapa sawit, serta sektor infrastruktur.

Mitsubishi Fuso belum merasa cukup dengan pencapaian ini. KTB pun menargetkan perolehan pasar hingga 50% di kendaraan niaga dalam waktu kurang lebih tiga tahun ke depan atau pada akhir tahun 2020. Untuk mencapai target tersebut, KTB telah menyiapkan beragam langkah. Di antaranya, dengan mempersiapkan produk-produk baru yang menjawab kebutuhan pasar.

Selanjutnya, memperkuat penjualan melalui perluasan jaringan distribusi Mitsubishi Fuso. Dan, tentunya seiiring dengan penambahan diler, KTB pun memperkuat layanan purna jual. Sebagaimana telah diperkenalkan dalam ajang GIICOMVEC lalu, yakni layanan Runner Telematics. Sejak diperkenalkan, pengguna Runner Telematics telah mencapai 6.795 pengguna. “Kami terus meningkatkan jumlah pengguna seiiring dengan sosialisasi aplikasi ini ke konsumen,” tambahnya.

Tak lupa, KTB juga menggelar beragam promo menarik ke konsumen. Selama Bulan Ramadahan dan Lebaran, hingga setelahnya konsumen mendapatkan beragam potongan harga. Sebut saja, diskon 20% untuk paket sparepart, diskon 10% untuk ongkos kerja serta mendapatkan pemeriksaan 15 item dalam kendaraan secara gratis dengan melakukan tune-up, service clutch, dan servis suspensi.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top