Grapeshot Leaderboard
Consumer Goods

Pentingnya Peran Marbut Masjid Bagi Unilever

Selama bulan Ramadan, Unilever Indonesia kembali meluncurkan Gerakan ‘Bersih-Bersih Masjid’. Peluncuran ini menandai dimulainya kegiatan membersihkan 2.000 masjid di Indonesia dari awal Ramadan sampai akhir tahun.

Gerakan yang digelar bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) merupakan kelanjutan “Bersih-Bersih 1001 Masjid” di tahun 2017 yang sukses membersihkan 1.011 masjid. Di tahun kedua ini, Unilever dan DMI menggandeng lembaga swadaya masyarakat (LSM) lokal untuk melibatkan marbut masjid dan masyarakat sekitar agar semakin menginspirasi masyarakat lebih luas dalam menjaga kebersihan.

Menurut Sinta Kaniawati, Head of Sustainable Business and Unilever Indonesia Foundation menerangkan bahwa Unilever Indonesia Tbk. melalui produk pembersihnya yang bersertifikasi halal, yakni Wipol, Super Pell, dan Vixal, melanjutkan ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk terus menjaga kebersihan.

“Ramadan merupakan momentum awal dari niat kami mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga kebersihan masjid dan rumah, tidak hanya demi menyempurnakan ibadah namun juga menjadikan ini sebagai kebiasaan setiap saat. Untuk itu, tahun ini kami menjadikan bulan suci sebagai titik awal untuk memulai Gerakan Bersih-Bersih Masjid yang dilaksanakan sampai akhir tahun,” katanya.

Menyadari bahwa peran aktif masyarakat sangat penting untuk menjaga kebersihan setiap saat, maka Unilever akan melibatkan para marbut dan komunitas masyarakat setempat dalam pelaksanaan gerakan ‘Bersih-Bersih Masjid’ kali ini. Bersama DMI dan para mitra LSM lokal, Unilever akan memberikan pelatihan, paket peralatan kebersihan serta panduan cara membersihkan masjid secara efektif kepada 2.000 marbut masjid.

“Marbut merupakan tokoh kunci untuk mengajak masyarakat setempat dalam membangun kebiasaan untuk menjaga kebersihan. Setelah pelatihan marbut, kami ingin gerakan ini dapat menjangkau sekitar 50.000 anggota masyarakat di sekitar masjid untuk bersama-sama melakukan kegiatan bersih-bersih sepanjang tahun. Kami pun membekali komunitas dengan buku panduan untuk menjaga kebersihan masjid dan rumah agar kebiasaan baik ini bergulir ke rumah tinggal mereka,” jelas Sinta.

Unilever berkeinginan agar kegiatan ini bisa mendorong para marbut dan komunitas masyarakat di sekitar masjid untuk menyebarluaskan ajakan untuk menjaga kebersihan di mana saja, tidak terbatas di masjid.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top