Technology

Peran Gamification Dalam Kampanye Marketing

Peran Gamification Dalam Kampanye Marketing 52241033_ml
123rf.com

Gamification bukan barang baru dalam dunia bisnis. Perusahaan dengan beragam skala sudah menerapkannyaSecara umum gamification adalah sebuah proses yang memasukan unsur-unsur dari sebuah permainan, seperti point, badges, level, services, location base, dan achievement ke dalam aktivitas promosi pemasaran.

Secara sederhana, bila perusahaan sudah menerapkan unsur points dan rewards, maka sudah termasuk dalam proses gamification. Tentunya itu dalam bentuk yang sederhana. Sebab, ada juga beberapa aktivitas gamification yang jauh lebih kompleks. Banyak perusahaan yang menerapkan gamification sebagai sebuah sarana untuk meningkatkan interaksi dan engagement dengan konsumen dan calon konsumennya.

Telah banyak contoh gamification yang dilakukan oleh pelaku bisnis di Indonesia. Namun, menurut Ivan Chen, CEO dari pengembang produksi game Anantarupa Studio, pelaku bisnis di Indonesia masih kurang dalam mengelola unsur fun dari sebuah game.

Gamification bisa dicapai dengan ideal bukan hanya dengan bikin game saja. Tapi menciptakan fitur atau aplikasi yang menggunakan elemen-elemen dalam game. Pelaku usaha di Indonesia sudah banyak menerapkan ini. Namun, masih kurang dalam mengolah unsur fun-nya. Karenanya,  game tentu harus menampilkan unsur fun,” jelas Ivan.

Ivan juga menilai bahwa saat ini banyak merek yang menerapkan gamification sebagai jenis advergame, game dibuat untuk promosi perusahaan. Menurutnya, mekanisme gamification harus terukur dan ada tujuan yang jelas.

“Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki 500 outlet mau ada kegiatan yang terukur di tiap outletnya. Hal ini bisa diukur dengan semacam game interaksi khusus yang ada di outletnya. Fitur ini bisa ditambah dengan misi tertentu, misal level up. Kalau beli barang, dikumpulkan jadi poin, ditukar reward. Sesederhana itu sudah bentuk gamification,” tambahnya.

Namun, bagaimana bentuknya perlu diingat bahwa konsep gamification tidak harus membuat game atau menggunakan game sebagai alat dari pemasaran. Gamification adalah proses mengadaptasi unsur-unsur yang ada di dalam sebuah game yang nantinya diterapkan sebagai alat untuk mencapai tujuan bisnis.

Most Popular








To Top